Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gamer PS4 Akhirnya Bisa Main Bareng dengan Pemilik Xbox dan PC

Kompas.com - 03/10/2019, 15:26 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Setelah enam tahun konsol PlayStation 4 (PS4) diluncurkan, Sony akhirnya mengizinkan para pemilik konsol tersebut bermain game multiplayer secara lintas platform (cross-play) dengan para pemilik konsol selain PS4, seperti Xbox One, juga PC.

CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan, mengatakan bahwa pihaknya meluncurkan fitur cross-play lantaran mereka tak ingin "mengunci" gamer PS4 dengan para pemain PS4 lainnya ketika mereka bermain secara multiplayer.

Baca juga: Sedang Siapkan PS5, Bos PlayStation Malah Mundur

"Sony ingin meyakinkan bahwa mereka tak ingin kalah dari kompetitor," kata Ryan.

Meski tak digembar-gembor, dukungan lintas platform PS4 dengan konsol lain kabarnya memang sudah lepas dari tahap beta, alias sudah resmi meluncur dan bisa dimanfaatkan oleh 
pengguna umum PS4.

Hingga saat ini, pengguna PS4 bisa bermain bersama-sama dengan para gamer PC dan Xbox One di dalam game Fortnite, Rocket League, Player Unknown's Battleground (PUBG), Paladins, Smite, hingga Realm Royale.

Baca juga: Game Contra: Rogue Corps Dirilis untuk PS4, Xbox One, Switch, dan PC

Dalam waktu dekat, game Call of Duty: Modern Warfare juga bakal bisa dimainkan secara multiplayer dengan mekanisme lintas platform via PS4. Belum diketahui game mana lagi yang akan ditambahkan agar bisa mendukung fitur cross-play PS4 di kemudian waktu.

Dirangkum KompasTekno dari TechSpot, Kamis (3/10/2019), PS4 sendiri sebenarnya sudah mulai terbuka terhadap cross-play lewat game Fortnite pada September 2018 lalu.

Beberapa bulan kemudian, Sony lantas membuka program beta cross-play kepada para gamer PS4 di bulan Januari tahun ini dengan tambahan game Rocket League.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechSpot


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com