Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Luncurkan Threads, Aplikasi Pesan Instan Berbasis Foto

Kompas.com - 04/10/2019, 08:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Instagram

KOMPAS.com - Instagram meluncurkan aplikasi standalone (mandiri) baru bernama "Threads". Jika dilihat, aplikasi itu mirip dengan Instagram Stories yang dipisah dan dimodifikasi.

Instagram menyebut aplikasi itu sebagai "camera first messaging app", atau sederhananya aplikasi pesan instan berbasis foto dan video.

Foto dan video memang menjadi komponen utama aplikasi ini. Pengguna bisa langsung mengambil foto atau video setelah membuka aplikasi Threads. Untuk sementara, Instagram belum melengkapinya dengan filter seperti di Instagram Stories .

Selain foto dan video, prinsip dasar aplikasi ini adalah "close friend" atau daftar teman dekat yang didaftarkan pengguna di Instagram Stories.

Baca juga: Instagram Hapus Fitur yang Biasa Dipakai Stalking

"Jika belum punya daftar "teman dekat", bisa membuatnya langsung dari aplikasi Threads setelah mengunduhnya," tulis Robby Stein, Director of Product Instagram dalam keterangan resminya.

Auto Status dari aplikasi Threads Instagram yang akan membagian aktivitas dan lokasi secara otomatis.Instagram Auto Status dari aplikasi Threads Instagram yang akan membagian aktivitas dan lokasi secara otomatis.

Tidak cuma foto dan video, pengguna juga bisa membagikan status berupa teks dan emoji, memilih status yang disarankan, atau mengaktifkan "Auto Status" yang secara otomatis akan membagikan lokasi dan aktivitas pengguna saat itu.

Lokasi yang dimaksud bukanlah lokasi pasti berupa titik koordinat, melainkan lokasi umum, misalnya "sedang berada di rumah", "dalam perjalanan", "di pantai", dan sebagainya.

Baca juga: Facebook Bikin Aplikasi Pesan Instan Pendamping Instagram

"Threads akan meminta lokasi Anda, level baterai, dan koneksi jaringan dari ponsel untuk menentukan konteks status yang ingin dibagikan," tulis Instagram, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (4/10/2019).

Instagram mencontohkan, Threads bisa saja mendeteksi pengguna sedang bersepeda dan secara otomatis akan menampilkan status "dalam perjalanan".

Instagram paham bahwa cara ini akan menimbulkan kontroversi. Sebab itulah, mereka menekankan bahwa pengguna akan dimintai serangkaian persetujuan akses, sebelum mengaktifkan "auto status".

Baca juga: XL Rilis Xtra Kuota Zero, Gratis Instagram dan PUBG Sampai 3 GB

Pengguna bisa memilih berapa lama status tersebut akan muncul, mulai dari satu jam hingga beberapa jam. Instagram mengklaim semua data tersebut akan tersimpan di perangkat pengguna, bukan di server mereka.

Apabila pengguna menghapus aplikasi Threads di smartphone, maka semua data tersebut juga akan hilang.

Seperti aplikasi induknya, Threads juga memiliki "direct message". Namun, hanya teman terdekat saja yang bisa mengirim pesan ke pengguna.

Aplikasi Threads dari Instagram telah diluncurkan secara global. Baik pengguna perangkat Android dan iOS, bisa sama-sama mengunduhnya di toko aplikasi masing-masing.

Namin, saat KompasTekno mengecek di Google Play Store, aplikasi ini belum tersedia di Indonesia. Kemungkinan, sebaran aplikasi ini belum merata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Instagram



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com