Begini Cara Blokir Komentar "Bully" di Instagram

Kompas.com - 04/10/2019, 11:27 WIB
Ilustrasi Logo Instagram Hollywood ReporterIlustrasi Logo Instagram

KOMPAS.com - Setelah diuji coba beberapa waktu lalu, Instagram akhirnya meluncurkan fitur Batasi ( Restrict) kepada pengguna Instagram di Indonesia.

Seperti namanya, fitur ini bisa membatasi pengguna Instagram lain untuk berkomentar kasar yang bernada merundung ( bullying), di postingan Instagram milik pengguna.

Fitur ini juga memungkinkan komentar di sebuah postingan Instagram hanya dilihat oleh pemilik postingan, dan pemberi komentar saja.

Pihak Instagram, melalui keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (4/10/2019), mengatakan bahwa fitur ini diluncurkan untuk melindungi pengguna dari kasus bullying (perundungan) yang memojokkan mereka.

Baca juga: Instagram Luncurkan Threads, Aplikasi Pesan Instan Berbasis Foto

Bullying adalah isu yang kompleks, dan kami tahu anak remaja kerap menghadapi isu ini di dunia maya, tapi mereka kadang merasa ‘sungkan’ untuk melaporkan atau memblokir teman yang mengolok-olok mereka," kata juru bicara Instagram.

Cara menggunakan

Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna cukup memilih komentar yang ingin dibatasi dan pilih opsi "Restrict Account".

Ilustrasi cara menggunakan fitur RestrictInstagram Ilustrasi cara menggunakan fitur Restrict

Setelah itu, komentar yang dibatasi tersebut hanya akan bisa dilihat oleh sang pemberi komentar semata, artinya orang lain tidak akan bisa melihat komentar tersebut. Untuk melihat komentar yang telah diblokir, pengguna cukup klik "See Comment" atau "Lihat Komentar". 

Uniknya, pengguna yang dibatasi komentarnya ini tidak akan tahu bahwa mereka telah "diblokir".

Bahkan, ketika mereka mengirim "Direct Message" (DM), pesan yang dikirim bakal masuk ke "Message Request", sebuah wadah yang berisi pesan-pesan yang dikirimkan oleh orang yang tidak dikenal.

Baca juga: 49 Persen Netizen di Indonesia Pernah Mengalami Bullying di Medsos

Artinya, pihak terblokir juga tak bisa melihat kapan sang pengguna yang memblokir terakhir aktif (last seen) di Instagram. 

"Fitur Batasi didesain untuk membatasi interaksi negatif di Instagram tanpa harus diketahui oleh orang tersebut,” tambah juru bicara Instagram.

Untuk mencabut fitur Restrict dari pengguna, mereka yang memblokir cukup pergi ke profil mereka yang terblokir dan pilih "Unrestrict" atau "Batal Batasi".

Selain menghadirkan fitur anti-bullying ini untuk merayakan kedatangan fitur ini, Instagram juga meluncurkan stiker yang yang berisi teks bertuliskan "Create don't hate". Stiker ini bisa dipakai oleh pengguna di Instagram Stories mereka. 

Ilustrasi penggunaan stiker baru InstagramInstagram Ilustrasi penggunaan stiker baru Instagram

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X