Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Pixel 4 Disebut Punya Fitur "Dual Exposure", Apa Fungsinya?

Kompas.com - 04/10/2019, 15:03 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9To5Google

KOMPAS.com - Foto yang diambil dalam kondisi backlit dengan sumber cahaya di belakang subyek biasanya menimbulkan dilema. Apabila ingin menampilkan pemandangan yang lebih terang di belakang (misalnya awan di langit), subyek di depannya bisa gelap gulita.

Sebaliknya, kalau subyek yang ditonjolkan dengan exposure yang tepat, maka langitlah yang dikorbankan menjadi putih polos tanpa detil karena tertalu terang.

Baca juga: Bocoran Terjelas Tampang Asli Google Pixel 4 yang Mirip iPhone 11

Dilema itu mungkin tak akan terjadi dengan Pixel 4. Calon ponsel terbaru Google yang bakal segera meluncur ini kabarnya dibekali fitur baru bernama "Dual Exposure" yang bisa mengatur tingkat kecerahan area terang (highlights) dan gelap (shadow) dalam foto secara independen.

Pengaturannya dilakukan lewat dua slider di bagian kanan tampilan aplikasi kamera, masing-masing untuk shadow dan highlights.

Baca juga: Aplikasi Google Ungkap Fitur-fitur Kamera Baru di Pixel 4

Dengan sedikit mengutak-atik, foto backlit pun bisa dibuat menampilkan detil di area terang sekaligus memiliki kontras lewat pengaturan shadow, seperti bisa dilihat dalam ilustrasi di bawah yang dihimpun KompasTekno dari 9to5 Google, Jumat (4/10/2019).

Contoh hasil pengaturan fitur Dual Exposure di Pixel 4. Perhatikan area langit yang bisa dibuat menampilkan detil awan dan kontras lewat pengaturan shadow. 9to5Google Contoh hasil pengaturan fitur Dual Exposure di Pixel 4. Perhatikan area langit yang bisa dibuat menampilkan detil awan dan kontras lewat pengaturan shadow.

Sebenarnya pengambilan gambar backlight juga bisa dilakukan dengan fasilitas mode High-Dynamic Range (HDR) yang fungsinya mirip-mirip. Namun, Dual Exposure lebih fleksibel karena shadow dan highlights bisa diatur sendiri sesuai selera pengguna Pixel 4.

Dual Exposure dan fitur-fitur lain dari kamera Pixel 4 konon dimungkinkan lewat penggunaan chip pengolah gambar Pixel Neural Core yang lebih canggih dibanding Visual Core di Pixel 3.

Kamera Pixel 4 kabarnya turut mengalami peningkatan kemampuan menjepret dalam kondisi gelap dengan mode Night Sight.

Baca juga: Bocoran Video Pixel 4 Ungkap Mode Foto Langit Malam

Tentu, fitur-fitur di atas baru berupa bocoran yang keberadaannya belum dikonfirmasi juga oleh Google. Pixel 4 sendiri disinyalir baru akan meluncur pada pertengahan bulan ini dalam dua varian seperti sebelumnya, yakni Pixel 4 dan Pixel 4 XL yang berukuran lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com