Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone SE 2 Dikabarkan Meluncur di 2020, Spesifikasi Setara iPhone 11

Kompas.com - 05/10/2019, 07:55 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - iPhone SE merupakan salah satu model smartphone Apple yang digandrungi konsumen. Maklum, ponsel "murah" keluaran 2016 itu punya bodi mirip iPhone 5S, tapi jeroannya setara iPhone 6S yang harganya lebih mahal.

Apple sudah menghentikan kiprah iPhone SE beberapa waktu lalu. Namun, belakangan ada rumor yang menyebutkan bahwa perusahaan tersebut sedang menyiapkan perangkat generasi berikutnya yang bernama iPhone SE 2.

Baca juga: Apple iPhone 11 Resmi Meluncur

Kabarnya, iPhone SE 2 bakal meluncur pada kuartal pertama 2020 dengan bodi mirip iPhone 8 dan jeroan setara iPhone 11 terbaru.

Informasi ini berasal dari analis finansial yang kerap membocorkan produk-produk mendatang dari Apple dengan akurat, Ming-Chi Kuo.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno, Jumat (4/10/2019), kepada CNBC, ia menaksir bahwa iPhone SE 2 bakal dibekali dengan dapur pacu iPhone 11, yaitu chip Apple A13 Bionic, dipadukan dengan RAM LPDDR4X berkapasitas 3 GB.

Baca juga: Ini Harga dan Spesifikasi iPhone 11, iPhone 11 Pro, Serta iPhone 11 Pro Max

Meski mumpuni, ia memprediksi bahwa harga iPhone SE2 bakal jauh lebih murah dari iPhone 11. Harga iPhone SE 2, menurut dia, akan berkisar 50 dollar AS lebih murah dibandingkan iPhone 8 yang dibanderol 449 dollar AS (Rp 6,3 juta).

Artinya, iPhone SE 2 kemungkinan bakal dibanderol di kisaran harga 399 dollar AS atau sekitar Rp 5,6 juta. Dengan spesifikasi demikian, Kuo pun memprediksi iPhone SE2 bakal berkontribusi terhadap penjualan iPhone dan turut meningkatkan pangsa pasar iPhone kelak.

"Karena itu, kami memperkirakan pengkapalan iPhone SE2 pada tahun 2020 akan mencapai 30-40 juta unit," kata Kuo sebagaimana dikutip KompasTekno dari CNBC, Jumat (4/10/2019).

Baca juga: Fitur Baru iPhone 11 Hadir di iPhone XR, XS, dan XS Max

"Kami percaya bahwa iPhone SE 2 bakal sesuai dengan kebutuhan pasar dan turut meningkatkan pangsa pasar iPhone karena harganya yang terjangkau," imbuhnya.

Pihak Apple sendiri hingga saat ini belum memberikan secuil pun informasi seputar kehadiran iPhone SE2. Kalaupun sang perangkat benar ada, namanya juga belum tentu iPhone SE2.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com