Mengenang Steve Jobs lewat 10 Produk Rancangannya

Kompas.com - 06/10/2019, 08:09 WIB
Steve Jobs. Steve Jobs.

KOMPAS.com — Delapan tahun sudah Apple ditinggal sang pendiri, Steve Jobs. Jobs meninggal dunia pada 5 Oktober 2011 pada usia 56 tahun akibat kanker pankreas yang cukup lama dideritanya.

Di tangan Jobs, Apple menjelma menjadi perusahaan raksasa yang tak bisa dipandang sebelah mata. Semasa hidupnya, pada saat menjabat sebagai karyawan dan CEO Apple, Jobs tercatat ikut berjasa menelurkan beberapa produk Apple, baik yang sukses maupun yang gagal di pasaran.

Berikut ini sepuluh produk yang dibidani oleh Steve Jobs:

1. Apple I (1976)

Komputer yang ditujukan untuk para pehobi dan engineer ini merupakan produk pertama Apple, tetapi hanya diproduksi sangat terbatas. Produk ini dirancang oleh Steve Wozniak, dan Jobs bertugas mencari pendanaan sekaligus mengatur pemasarannya.

2. Apple II (1977)

Ini merupakan salah satu produk komputer personal pertama yang sukses. Apple II dirancang untuk diproduksi secara massal, tidak hanya ditujukan untuk engineer atau pehobi (enthusiast).

Gaya desain Steve Wozniak masih kental untuk produk ini. Apple II terus diproduksi hingga tahun 1993, dan kemampuannya terus ditingkatkan.

3. Lisa (1983)

Kunjungan ke pusat riset Xerox Corp di Palo Alto menginspirasi Job untuk memulai proyek komputer komersial pertama dengan user interface grafis, yang menggunakan simbol ikon, window, dan kursor yang dikendalikan oleh mouse.

Inilah yang menjadi dasar dari interface atau antarmuka komputer saat ini. Akan tetapi, Lisa masih terlalu mahal untuk sukses di pasaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X