Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Note 10 Bisa Hasilkan Video "Anti-goyang" Tanpa Perlu Gimbal

Kompas.com - 06/10/2019, 16:17 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi kamera pada smartphone juga terus berkembang. Selain kualitas hasil gambar yang semakin baik, mode kamera pada smartphone pun semakin diperkaya dengan segudang fitur canggih.

Galaxy Note 10 pun demikian. Seri ponsel flagship teranyar Samsung yang dirilis pada awal Agustus lalu itu membawa serangkaian pembaruan serta penambahan fitur dari seri Note generasi sebelumnya.

Salah satu fitur yang diunggulkan ada pada sektor kamera. Samsung memberikan beberapa fitur canggih yang dikembangkan agar pengguna bisa menangkap gambar dengan kualitas yang lebih baik.

Bicara soal fitur kamera, Samsung bukan hanya mempercanggih fiturnya untuk fotografi semata, melainkan juga untuk videografi. Galaxy Note 10 memiliki kemampuan untuk menstabilkan gambar video dari guncangan saat video tersebut direkam.

Fitur tersebut bernama Super Steady. Fitur ini sangat bermanfaat ketika pengguna merekam gambar sambil bergerak.

KompasTekno pun berkesempatan untuk mencoba fitur ini saat meliput ajang Tokyo Game Show 2019. Kami mencoba merekam objek yang bergerak sambil mengikuti objek tersebut dari belakang.

Baca juga: Beda Galaxy Note 9 dan Galaxy Note 10, Saatnya Ganti?

Kami menguji coba fitur Super Steady ini dengan merekam gambar di lokasi keramaian, sehingga saat mengikuti objek yang bergerak kami pun tak jarang harus meliuk-liuk untuk menghindari keramaian tersebut.

Dalam kondisi ini, kami tak memakai satu pun alat bantu lain. KompasTekno hanya menggunakan Galaxy Note 10 dalam genggaman tangan.

Hasilnya, video yang direkam tampak stabil meski hanya dipegang dengan menggunakan tangan, tanpa gimbal ataupun alat bantu lainnya. Meski kami bergerak ke sana ke mari demi menghindari keramaian, gambar video dapat diambil tanpa adanya guncangan yang berarti.

Gerakan video tampak halus, mirip-mirip gambar video yang diambil sambil menggunakan gimbal atau alat stabilizer lainnya.

Baca juga: Galaxy Note 10 Plus Sabet Gelar Ponsel Berkamera Terbaik dari DxOMark

Ketika merekam video, kami pun tak jarang melakukan gerakan sambil berlari dan fitur Super Steady pada Galaxy Note 10 ini tampak sukses meredam guncangan dari gerakan tersebut.

Kami pun kemudian mencoba mematikan fitur Super Steady ini dan melakukan gerakan yang sama. Hasilnya sangat kontras di mana tanpa fitur Super Steady, guncangan sangat terlihat jelas pada video yagn diambil.

Dari percobaan ini kami menyimpulkan bahwa Samsung Galaxy Note 10 yang memiliki fitur Super Steady bisa menjadi salah satu alternatif untuk para kreator konten yang ingin mengambil video sambil bergerak tanpa bantuan alat lain.

Dengan adanya fitur Super Steady ini kreator konten diuntungkan dengan kemudahan dan kepraktisan yang diberikan Galaxy Note 10, sebab mereka tak perlu membawa alat tambahan lainnya.

Baca juga: Tips Membuat Video dengan Galaxy Note 10 dari Sutradara Yandy Laurens

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com