Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Ikuti Jejak Asus Zenfone 6 dan Samsung Galaxy A80?

Kompas.com - 07/10/2019, 15:13 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Vendor smarpthone asal China, Oppo diketahui tengah mengajukan paten desain smartphone terbarunya. Uniknya, desain yang dipatenkan itu punya rancangan mirip-mirip dengan ponsel Asus Zenfone 6 dan Samsung Galaxy A80.

Paten tersebut diajukan oleh Oppo kepada Organisasi Hak Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO). Ada sebanyak tiga gambar desain yang diajukan. Ketiganya berisi keterangan mekanisme kamera yang akan diusung oleh ponsel tersebut.

Dari paten yang diajukan, gambar tersebut memperlihatkan sebuah rancangan ponsel dengan kamera belakang yang dapat membalik ke depan, untuk beralih fungsi menjadi kamera selfie.

Mekanisme ini kamera tersebut tak lain serupa dengan milik Asus Zenfone 6 dan Samsung Galaxy A80 yang dirilis di Indonesia beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kamera Putar Asus Zenfone 6 Disiksa, Begini Nasibnya

Dikutip KompasTekno dari Gizmochina, Senin (7/10/2019), pada modul tersebut, ponsel ini tampak akan memiliki dua kamera dengan satu lampu flash di tengahnya. Kendati demikian belum diketahui berapa besar resolusi kamera yang akan diusung nantinya.

Selain mekanisme kamera yang bisa membalik, ponsel tersebut tampaknya juga akan memiliki bezel yang tipis di keempat sisi. Bagian layar pun terlihat bersih dari notch sehingga layar ponsel ini terlihat lebih luas.

Oppo patenkan desain ponsel mirip dengan Asus Zenfone 6Gizmochina Oppo patenkan desain ponsel mirip dengan Asus Zenfone 6

Wajar saja jika tidak ada notch. Sebab ponsel ini menggunakan kamera belakang yang bisa dialihfungsikan menjadi kamera depan, sehingga keberadaan notch tak lagi diperlukan.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Ponsel Kamera Putar Galaxy A80

Selain itu baik pada bagian depan maupun belakang, tidak terlihat adanya ruang untuk sensor sidik jari. Sehingga ada kemungkinan ponsel ini akan membenamkan sensor tersebut di dalam layar, atau menggunakan pemindai wajah sebagai kunci pengaman. 

Meski begitu belum diketahui dengan pasti ponsel Oppo seri apa yang akan mengadopsi rancangan ini nantinya. Itu pun belum dapat dipastikan apakah Oppo benar-benar serius menggarap ponsel dengan rancangan seperti ini atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com