Indonesia Berpotensi Jadi Pengguna 5G Terbesar di ASEAN

Kompas.com - 07/10/2019, 19:25 WIB
ilustrasi 5G xiaomi Mi Mix 3 oleh presiden Xiaomi Gadgets360ilustrasi 5G xiaomi Mi Mix 3 oleh presiden Xiaomi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia diprediksi akan menjadi negara dengan penggunaan jaringan 5G terbesar di ASEAN.

Berdasarkan studi yang dilakukan perusahaan penyedia jaringan asal Amerika Serikat, Cisco, pengguna jaringan 5G di Indonesia akan mencapai angka 100 juta pelanggan.

Menurut pemaparan Dharmesh Malhotra, Managing Director ASEAN Service Provider Cisco, angka tersebut akan tercapai pada tahun 2025 mendatang.

Sementara implementasi jaringan 5G diperkirakan akan mulai diserap di Tanah Air pada tahun 2023.

Baca juga: Operator Seluler Bisa Raup Rp 25 Triliun Per Tahun dari 5G

Dharmesh pun melanjutkan bahwa faktor yang membuat Indonesia akan menjadi negara dengan jumlah pengguna 5G terbesar di ASEAN di antaranya adalah jumlah populasi dan industri telekomunikasi yang besar.

"5G membuat operator punya peluang besar untuk mengembangkan bisnis. 5G adalah tentang pengalaman, ada dua perbedaan besar (dengan 4G), yakni kecepatan dan latency," kata Dharmesh.

Kendati demikian, Dharmesh menekankan bahwa sektor enterprise akan tetap menjadi penyumbang revenue terbesar bagi para operator seluler.

Revenue potensial yang akan diperoleh operator diperkirakan mengalami kenaikan antara 18 persen hingga 22 persen pada 2025.

Baca juga: Tak Cuma Ponsel, Samsung Juga Incar Peralatan Jaringan 5G di Indonesia

Sementara kenaikan revenue potensial yang berasal dari konsumen akhir, diperkirakan meningkat pada angka 6 sampai 9 persen pada 2025.

"Operator bisa mengambil untung dari 1,4 miliar dollar AS sampai 1,8 miliar dollar AS (Rp 25 triliun). Angka paling besar datang dari konsumen enterprise dan sisanya dari konsumen akhir," kata Dharmesh.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X