Cara Mengirim Isi Percakapan WhatsApp ke Pengguna Lain lewat E-mail

Kompas.com - 08/10/2019, 10:35 WIB
Ilustrasi logo WhatsApp Independent.co.ukIlustrasi logo WhatsApp
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Potongan percakapan di WhatsApp bisa disalin dengan mudah untuk dikirim ke orang lain lewat fitur forward atau "copy". Tapi bagaimana jika pengguna perlu mengirim isi seluruh percakapan?

WhatsApp menyediakancara mudah untuk melakukan hal tersebut. Tak perlu repot-repot menyeleksi semua isi obrolan di jendela chat, melainkan cukup dengan mengekspor percakapan lewat e-mail.

Baca juga: Hacker Bisa Menyusup ke WhatsApp lewat Kiriman Gambar

Metode ekspor via e-mail ini berlaku untuk percakapan pribadi maupun grup. Pengguna juga bisa memilih apakah ingin menyertakan konten media (foto dan video) atau tidak. Bagaimana caranya? Simak tips dari KompasTekno sebagai berikut.

1. Pertama-tama, pilih obrolan yang ingin dikirim ke orang lain. Anda bisa memilih chat manapun, entah itu percakapan pribadi maupun percakapan grup.

2. Setelah itu, di dalam jendela percakapan yang sudah dipilih, klik ikon "tiga dot vertikal", lalu pilih "More" dan pilih "Export chat".

Langkah 1 fitur Export chat di WhatsAppKOMPAS.com/Bill Clinten Langkah 1 fitur Export chat di WhatsApp

3. Tidak lama kemudian, akan ada jendela pop-up yang muncul. Di sini, pengguna bisa memilih dua opsi, yaitu mencadangkan percakapan "Without Media" atau "Include Media".

Pilihan "Without Media" berarti pengguna hanya mengekspor teks chat saja. Dengan kata lain, proses ekspor percakapan akan lebih cepat.

Di sisi lain, jika Anda memilih "Include Media", maka seluruh gambar atau video yang terdapat di dalam percakapan tersebut, baik yang dikirimkan atau yang diterima, bakal ikut dicadangkan.

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Fitur Pesan Rahasia yang Bisa Terhapus Sendiri

Artinya, proses ekspor akan memakan waktu dan ukuran file nantinya akan ikut membengkak.

Selain itu, daftar nomor kontak yang dibagikan di dalam percakapan tersebut (jika ada) juga akan dicadangkan secara otomatis oleh WhatsApp.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X