Sejumlah Ponsel Huawei P30 Pro Dianggap "Ilegal" oleh Google

Kompas.com - 08/10/2019, 17:54 WIB
Empat kamera di punggung Huawei P30 Pro varian warna breathing crystal. KOMPAS.com/ OIK YUSUFEmpat kamera di punggung Huawei P30 Pro varian warna breathing crystal.

KOMPAS.com - Drama antara Google dan Huawei terus berlanjut. Kini, beredar laporan bahwa ponsel Huawei P30 Pro, yang notabene masih mendukung layanan Google, tidak lolos uji verifikasi software " SafetyNet".

Masalah ini pertama kali ditemukan oleh seorang pengguna Twitter, @PaulOBrien, yang hendak menggunakan aplikasi Google Pay.

Ia tak bisa menggunakan aplikasi tersebut lantaran Huawei P30 Pro miliknya tidak lolos SafetyNet, suatu pengecekan oleh Google untuk menentukan apakah ponsel menjalankan software yang sudah tersertifikasi atau belum, alias ilegal. 

Adapun P30 Pro milik Brien berjalan dengan versi EMUI 9.1.0.193. Meski demikian, tidak semua pengguna P30 Pro mengalami nasib yang sama seperti Brien.

Sebab, satu pengguna Twitter, dengan perangkat yang dibekali dengan versi EMUI yang sama, membalas twit Brien lantaran ia tidak menemukan masalah dan lolos verifikasi SafetyNet. 

Perangkat Huawei P30 Pro milik KompasTekno pun, yang menjalankan EMUI versi 9.1.0.193, terpantau tidak ada kendala dan lolos verifikasi SafetyNet.

Ketika dikonfirmasi oleh AndroidAuthority, pihak Huawei memastikan bahwa tidak ada masalah seputar uji verifikasi SafetyNet pada perangkat-perangkat berbasis EMUI versi 9.

“Berbagai perangkat Huawei (termasuk P30 dan P30 Pro), yang berjalan dengan EMUI versi 9.X, dapat lolos uji SafetyNet tanpa masalah,” kata pihak Huawei sebagaimana dikutip KompasTekno dari AndroidAuthority, Selasa (8/10/2019).

EMUI 10 beta belum lolos SafetyNet

Meski demikian, pihak Huawei mengonfirmasi bahwa memang terdapat masalah pada EMUI 10 yang sedang berada dalam masa uji coba (beta).

"Kami mendapati bahwa versi global EMUI 10 beta (Android 10), yang dirilis pada P30 dan P30 Pro pada awal Agustus lalu, masih dianggap tidak lolos sertifikasi (SafetyNet)," ujar pihak Huawei. 

Baca juga: Huawei Perkenalkan EMUI 10, Ada Dark Mode hingga Fitur Mirip Samsung Dex

Dengan kata lain, pengguna P30 dan P30 Pro yang telanjur memperbarui EMUI mereka ke versi 10, kemungkinan bakal gagal uji verifikasi SafetyNet dan tidak bisa menggunakan aplikasi yang mengandalkan Google.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X