Google Siapkan Sertifikat Khusus untuk Ponsel Gaming

Kompas.com - 09/10/2019, 07:02 WIB
Ilustrasi Asus ROG Phone 2 AsusIlustrasi Asus ROG Phone 2
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Dengan semakin banyaknya vendor smartphone yang memproduksi ponsel khusus gaming, Google berencana membuat program sertifikasi bernama "Game Device Certification" untuk perangkat-perangkat tersebut.

Tujuannya, Google ingin memastikan agar semua perangkat gaming bisa bekerja sesuai harapan, yakni memiliki kemampuan yang cukup untuk dipakai bermain dan sejalan dengan keinginan pengembang game.

Baca juga: Menjajal Black Shark 2 Pro, Ponsel Gaming yang Segera Masuk Indonesia

Rencana sertifikasi ini diketahui dari daftar persyaratan yang wajib dipenuhi oleh para rekanan original equipment manufacturer (OEM) dan original design manufacturer (ODM), sebelum memasang Google Mobile Suites (GMS) di perangkat buatan mereka.

Dalam dokumen tersebut, kini terdapat seksi baru yang bernama " Gaming Device Certification." Isinya menjelaskan bahwa ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi apabila sebuah perangkat ingin memperoleh Gaming Device Certification.

Syarat dimaksud antara lain memiliki pengolah grafis (GPU) berkinerja tinggi, mendukung API terkini, serta menunjukkan perilaku yang bisa diprediksi, misalnya dalam hal throttling karena panas.

Baca juga: Logitech Rilis Keyboard Gaming G Pro X dengan Tombol yang Bisa Diganti

Menurut kabar yang dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (11/10/2019), Google sudah menyiapkan tim khusus untuk menangani urusan sertifikasi ponsel gaming ini.

Untuk sekarang, masih belum ada perangkat yang memperoleh Gaming Device Certification karena sertifikasi itu pun belum diumumkan secara resmi oleh Google.

Apabila telah bergulir nanti, kemungkinan Google akan menampilkan daftar ponsel gaming bersertifikasi dan akan terus memperbaruinya seperti perangkat Android Enterprise Recommended.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X