Sony Umumkan Waktu Peluncuran dan Fitur Baru PlayStation 5

Kompas.com - 09/10/2019, 07:55 WIB
Ilustrasi render PS5 berdasarkan paten Sony TheSun.co.ukIlustrasi render PS5 berdasarkan paten Sony
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah didului oleh beragam spekulasi dan rumor, Sony akhirnya memberikan keterangan resmi tentang konsol game PlayStation 5.

Melalui blog resminya, sony mengumumkan bahwa penerus PS4 ini memang bakal bernama "PlayStation" 5 ( PS5), meneruskan tradisi akhiran nomor yang menandakan urutan generasi pada konsol PlayStation.

"Saya dengan bangga menyampaikan bahwa konsol generasi berikutnya akan disebut PlayStation 5, dan kami akan meluncurkannya bertepatan dengan musim liburan 2020," ujar President & CEO Sony Interactive Entertainment (SIE), Jim Ryan.

Baca juga: Sony Ungkap Cara Menyebut Tombol X yang Benar di PlayStation

"Musim liburan" di sini mengacu pada periode menjelang Natal dan tahun baru di penghujung 2020. Sony memang kerap meluncurkan konsol dengan jadwal mendekati musim libur, untuk mengantisipasi momen belanja.

PS4, misalnya, diresmikan pada 15 November 2013, lalu PS4 Pro pada November 2016. Bisa diduga bahwa waktu peluncuran PS5 pun mungkin bakal berkisar di bulan November.  .

Fitur baru untuk controller

Di samping nama dan waktu peluncuran PS5, Ryan turut mengumbar sejumlah fitur baru yang akan hadir di konsol tersebut. Controller PS5 bakal dibekali "haptic feedback"yang diklaim mampu memberikan efek lebih beragam dibandingkan teknologi "rumble" sebelumnya.

"Menabrak tembok di game balap mobil akan terasa sangat berbeda dibandingkan tackling di game football. Anda bahkan bisa merasakan perbedaan tekstur ketika berlari melalui padang rumput atau lumpur," kata Ryan.

Tombol L2 dan R2 di controller PS5ikut kebagian fitur baru bernama "adaptive trigger" yang bisa memberikan tingkat resistansi berbeda, misalnya antara saat pemain menarik busur di dalam game olahraga atau menggas kendaraan di game balap. 

Baca juga: PlayStation 5 Bakal Bisa Mainkan Game PlayStation 1 hingga 4?

Berdasarkan rumor yang beredar di internet sebelumnya, hardware PS5 akan jauh lebih bertenaga dibandingkan PS5 pendahulunya. PS5 disinyalir bakal dibekali pasangan CPU Ryzen dan GPU Navi dari AMD, berikut media penyimpanan jenis SSD.

Konsol ini pun kemungkinan akan bisa menjalankan game legacy (PS1 hingga PS4), serta mendukung berbagai macam teknologi grafis termutakhir untuk tampilan visual lebih realistis, seperti ray tracing dan resolusi 8K.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Sun
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X