Mode Gelap Instagram Puncaki "Trending Topic" di Twitter Hari ini

Kompas.com - 09/10/2019, 11:21 WIB
Ilustrasi Logo Instagram Hollywood ReporterIlustrasi Logo Instagram

KOMPAS.com - Instagram resmi merilis mode gelap atau dark mode di aplikasi mobile terbarunya untuk Android dan iOS. Tak butuh waktu lama, para pengguna Instagram yang sudah mencobanya mulai berkicau di Twitter sambil memberikan kesannya.

Baca juga: Mode Gelap Resmi Hadir di Instagram, Begini Cara Mengaktifkannya

Ada banyak respon yang tersirat. Banyak yang senang dengan tren baru ini, ada pula yang menanggapinya dengan meme, tapi ada pula yang kurang menyukai lantaran fitur "friend activity" ikut hilang bersamaan dengan datangnya dark mode.

Mode gelap Instagram pun memuncaki tangga Trending Topic Twitter untuk wilayah Indonesia pagi ini lewat tagar #Instagramdarkmode.


Dengan dark mode, latar belakang Instagram berubah menjadi gelap dan teks akan berubah menjadi putih. Warna pada setiap unggahan pun akan terlihat makin kontras dengan latar Instagram yang hitam.

Baca juga: WhatsApp Akan Kedatangan Fitur Mode Gelap?

Dark mode tengah menjadi tren baru piranti lunak. Banyak pabrikan yang mulai menggulirkan mode ini ke aplikasi-aplikasinya. Sebut saja Google Chrome, Safari, Twitter, YouTube, beberapa aplikasi Google, dan sebagainya.

Mode gelap Instagram trending di TwitterKompas.com Mode gelap Instagram trending di Twitter

Sistem operasi Android dan iOS pun sudah menghadirkan dark mode secara native di versi terbaru masing-masing (iOS 13 dan Android 10). Mode gelap di Instagram sudah lama dinanti penggunanya. Begitu pula mode gelap untuk WhatsApp yang hingga saat ini belum tiba.

Selain lebih nyaman di mata saat menatap layar ponsel di kondisi remang-remang, mode gelap bisa ikut menghemat daya baterai. Perangkat membutuhkan daya lebih sedikit karena tak perlu menerangi area berwarna putih, terutama untuk jenis panel OLED.

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Penghemat Baterai Smartphone

Kendati demikian, membaca teks panjang dalam waktu lama dengan mode gelap tetap akan membuat mata lelah.

Apalagi dalam kondisi dengan cahaya yang terang, teks bewarna putih yang biasa digunakan untuk mode gelap akan memudar sehingga mata akan semakin tegang, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Tech Ahead, Rabu (9/10/2019).

Toh, itu tak menghalangi para pengembang untuk menyematkan mode gelap di aplikasinya. Lagipula fitur tersebutmerupakan pilihan, bisa diaktifkan ataupun tidak. Bagaimana dengan Anda sendiri, apakah sudah menjajal dark mode di Instagram?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X