Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Luncurkan Fitur untuk Mencegah Pembajakan Akun lewat Email

Kompas.com - 09/10/2019, 13:25 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Phising adalah teknik pencurian informasi yang sering digunakan. Pelakunya berpura-pura menjadi pihak lain untuk mencuri data, misalnya mengirim email permintaan password dengan mengatasnamakan Instagram. Akun korban pun bisa berakhir dibajak.

Untuk mencegah hal tersebut, Instagram baru-baru ini meluncurkan fitur baru untuk membantu pengguna memastikan apakah email yang diterima memang resmi berasal dari Instagram atau tidak.

Singkatnya, fitur bernama "Email from Instagram"  tersebut berupa inbox khusus yang akan menampung email dari Instagram ke pengguna.

Baca juga: Mode Gelap Resmi Hadir di Instagram, Begini Cara Mengaktifkannya

Dengan demikian, email yang masuk ke dalamnya pun bisa dipastikan memang benar-benar berasal dari Instagram, tak seperti client email pada umumnya yang bisa menampung email dari siapapun

"Kami ingin memberi kemudahan bagi pengguna untuk memastikan validitas setiap email terkait akun Instagram mereka secara langsung dari layanan Instagram,” jelas juru bicara Instagram dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (9/10/2019).

Email from Instagram bisa diakses baik dari perangkat genggam maupun desktop. Dari aplikasi mobile, caranya adalah dengan menekan tombol tiga garis di pojok kanan atas laman profil, lalu pilih Settings > Security > Email from Instagram.

 

Langkah mengakses fitur Email from Instagram pada aplikasiInstagram Langkah mengakses fitur Email from Instagram pada aplikasi

Pengguna juga bisa mengakses Email from Instagram dari peramban mobile dan desktop dengan menekan tombol tiga titik di sisi atas laman profil, lalu pilih Opsi/ Pengaturan > Email from Instagram.

Setelah mengakses fitur "Email from Instagram", pengguna akan disodori dua tab, yaitu "Security" dan "Other". Tab Security berisi daftar email resmi yang dikirim oleh Instagram terkait keamanan akun dan aktivitas login dalam 14 hari terakhir.

Sementara, tab Other berisi daftar email lainnya di luar email keamanan akun yang dikirim oleh Instagram dalam 14 hari terakhir.

Baca juga: Begini Cara Blokir Komentar Bully di Instagram

Pihak Instagram pun mengimbau agar para pengguna terus waspada terkait beragam email yang seakan-akan resmi berasal dari mereka. 

Jika sudah terlanjur meng-klik tautan berbahaya di email palsu yang mengatasnamakan tim Instagram, silakan ikuti langkah-langkah di tautan berikut untuk memastikan agar akun tetap aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com