Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Photos Bisa Ubah Foto Hitam Putih Jadi Berwarna

Kompas.com - 09/10/2019, 16:12 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9To5Google

KOMPAS.com - Google sempat memperkenalkan fitur "Colorize" sebagai filter pada aplikasi Google Photos, di ajang Google I/O 2018 silam.

Bukan fitur main-main, filter ini sejatinya bisa menyulap foto monokrom atau hitam putih menjadi berwarna, dengan memanfaatkan teknologi machine learning dan Artificial Intelligence (AI).

Kini situs seputar Google, 9to5Google, memamerkan sejumlah foto yang diedit menggunakan filter yang belum meluncur tersebut. Lantas, bagaimana hasilnya?

Berdasarkan beragam gambar yang diunggah oleh situs itu, foto-foto yang diedit menggunakan filter Colorize tampak menghasilkan warna vintage atau nuansa zaman dahulu.

Baca juga: Google Photos Dapat Fitur Baru Mirip Instagram Stories

Rangkaian gambar tersebut bisa dibilang seperti foto yang diambil menggunakan kamera saku analog film. Berikut cuplikan gambarnya.

Foto hitam putih yang diedit dengan fitur Colorize9to5Google Foto hitam putih yang diedit dengan fitur Colorize

Seperti bisa dilihat pada gambar di atas, foto yang diberi efek Colorize (gambar ketiga) agaknya belum menyerupai foto aslinya (gambar pertama), meski Google bisa mengubah warna gambar hitam putih pada foto kedua.

Jika dibandingkan dengan foto asli, objek sungai dan pagar pembatas, misalnya, memang berwarna lebih cerah.

Namun, efek tersebut sepertinya terlalu menekankan pada warna cokelat. Padahal, objek sungai di gambar asli tampak jernih berwarna biru, sementara pagarnya sendiri berwarna putih keabu-abuan.

Baca juga: Google Luncurkan Gallery Go, Versi “Offline” dari Photos

Nah, nantinya, ketika fitur ini sudah digelontorkan oleh Google kepada pengguna umum, fitur Colorize bakal muncul secara otomatis di deretan filter ketika pengguna mengedit foto hitam putih di aplikasi Google Photos.

Adapun foto-foto yang dideteksi ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Rabu (9/10/2019), nampaknya harus tersimpan di server Google.

Artinya, pengguna harus menyalakan fitur "Backup & sync" agar foto di memori internal ponsel juga diunggah ke server Google Photos.

Saat diuji coba oleh 9to5Google, fitur Colorize sendiri masih dalam versi beta. Artinya, masih ada bug yang mungkin melanda pengguna ketika menerapkan fitur ini, misalnya seperti proses penerapan warna yang cukup lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9To5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com