Smartphone Baru Keluaran 2020 Wajib Pakai Android 10

Kompas.com - 10/10/2019, 13:05 WIB
Android 10 Blog GoogleAndroid 10

KOMPAS.com - Andorid 10 baru saja diluncurkan awal September lalu. Tapi Google ingin penyebarannya di perangat baru bisa lebih masif dan lebih cepat.

Hal ini diketahui dari sebuah dokumen yang menyebut tenggat waktu lisensi Google Mobile Service (GMS), untuk smartphone baru berbasis Android 9 yang jatuh pada tanggal 31 januari 2020.

Itu artinya, smartphone yang didaftarkan setelah tanggal tersebut sudah harus menjalankan sistem operasi Android 10 yang lebih baru.

GMS berisi aplikasi, layanan dan pustaka Google seperti Google Play Store dan Google Play Service. Ia harus mendapat lisensi dari Google untuk dipasang secara pre-instal di perangkat Android.

Baca juga: Daftar Ponsel Samsung yang Kebagian Android 10

Proses pengajuan hingga mendapatkan lisensi dari Google sangat kompleks dan memerlukan waktu lama. Sehingga, pabrikan smartphone yang masih mengharapkan perangkatnya berjalan dengan Android 9 Pie harus mengajukannya jauh-jauh hari sebelum 31 Januari 2020.

Usia peredaran Android 9 Pie sekitar 1,5 tahun. Versi tersebut rilis 6 Agustus 2018 lalu. Kendati demikian, Google tetap membuka pintu untuk smartphone yang mungkin belum mendukung software Android 10.

Bidikan layar dokumen jadwal lisensi Andrdoi 9 Pie.XDA Developers Bidikan layar dokumen jadwal lisensi Andrdoi 9 Pie.

 

Google masih membuka perizinan GMS Android 9 Pie dalam beberapa bulan ke depan. Namun, Google akan menghentikan pembaruan sistem untuk Android 9 setelah Android 11 dirilis.

Baca juga: Android Q Resmi Dikenalkan, Ini Fitur-fiturnya

Diperkirakan, Android 11 akan rilis pada Agustus 2020 mendatang. Setelah itu, Google hanya akan memberikan pembaruan keamanan untuk perangkat berbasis Android 9, sebagaimana KompasTekno himpun dari XDA Developers, Kamis (10/10/2019).

Meski perizinan GMS untuk Android 9 Pie berakhir pada 31 Januari 2020, bukan berarti kita tidak akan menjumpai smartphone baru berbasis Android 9 Pie sama sekali.

Hanya saja, smartphone baru berbasis Androd 10 kemungkinan akan lebih banyak bermunculan pada kuartal I-2020.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X