Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Dana Terbatas? Antivirus Komputer Gratis Ini Bisa Jadi Pilihan

Kompas.com - 11/10/2019, 12:23 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap perangkat komputer memiliki risiko terinfeksi virus. Untuk menghindarinya, mau tak mau, suka tak suka, pengguna harus memasang software antivirus pada perangkat komputer miliknya.

Ada banyak sekali pilihan antivirus yang bisa digunakan. Kualitasnya pun berbeda-beda dengan fitur yang berbeda pula.

Biasanya, pengguna dibebankan biaya tertentu untuk dapat menggunakan semua fiturnya secara penuh. Biaya tersebut bisa dibayarkan secara berlangganan maupun beli putus.

Namun ada pula sejumlah antivirus yang bisa digunakan secara gratis dengan fitur-fitur yang bagus.

Baca juga: Pengamat: Antivirus Harusnya Makin Murah Kalau Pemakainya Banyak

Nah, dirangkum KompasTekno dari Money Saving Expert, Jumat (11/10/2019), berikut ini adalah beberapa antivirus yang bisa digunakan secara cuma-cuma pada perangkat dengan sistem operasi Windows dan MacOS.

Windows OS

1. Windows Defender

Windows defender adalah aplikasi antivirus yang sudah tersedia ketika pengguna menginstal sistem operasi Windows pada perangkatnya.

Meski tersedia secara gratis, pengguna hanya bisa mendapatkan Windows Defender secara penuh dari OS Windows yang didapatkan secara legal. Antivirus ini juga bisa memindai keberadaan malware pada perangkat yang diinstal.

2. Microsoft Security Essentials

Sama seperti Windows Defender, Microsoft Security Essentials juga bisa didapatkan secara cuma-cuma oleh pengguna Windows. Namun, antivirus ini hanya mendukung sistem operasi Windows 7 saja.

Microsoft Security Essentials memang merupakan versi lawas dari Windows Defender. Antivirus ini juga bisa memindai keberadaan virus, trojan dan spyware. Tapi perlu dicatat, hanya Windows 7 original saja yang bisa menggunakan antivirus ini secara penuh.

3. Avast Free Antivirus

Pengguna komputer tentu tak asing lagi dengan antivirus yang satu ini. Avast memang seringkali didaulat sebagai salah satu antivirus gratis yang sangat direkomendasikan.

Meski gratis, Avast memiliki banyak fitur yang bisa digunakan. Salah satunya adalah CyberCapture. Fitur ini dapat mendeteksi dan menganalisis file atau dokumen yang dicurigai sebagai virus yang menyamar.

Baca juga: Awas Virus Joker, Segera Hapus 24 Aplikasi Ini dari Ponsel Android Anda

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com