Punya Dana Terbatas? Antivirus Komputer Gratis Ini Bisa Jadi Pilihan

Kompas.com - 11/10/2019, 12:23 WIB
Ilustrasi virus komputer. IstimewaIlustrasi virus komputer.

KOMPAS.com - Setiap perangkat komputer memiliki risiko terinfeksi virus. Untuk menghindarinya, mau tak mau, suka tak suka, pengguna harus memasang software antivirus pada perangkat komputer miliknya.

Ada banyak sekali pilihan antivirus yang bisa digunakan. Kualitasnya pun berbeda-beda dengan fitur yang berbeda pula.

Biasanya, pengguna dibebankan biaya tertentu untuk dapat menggunakan semua fiturnya secara penuh. Biaya tersebut bisa dibayarkan secara berlangganan maupun beli putus.

Namun ada pula sejumlah antivirus yang bisa digunakan secara gratis dengan fitur-fitur yang bagus.

Baca juga: Pengamat: Antivirus Harusnya Makin Murah Kalau Pemakainya Banyak

Nah, dirangkum KompasTekno dari Money Saving Expert, Jumat (11/10/2019), berikut ini adalah beberapa antivirus yang bisa digunakan secara cuma-cuma pada perangkat dengan sistem operasi Windows dan MacOS.

Windows OS

1. Windows Defender

Windows defender adalah aplikasi antivirus yang sudah tersedia ketika pengguna menginstal sistem operasi Windows pada perangkatnya.

Meski tersedia secara gratis, pengguna hanya bisa mendapatkan Windows Defender secara penuh dari OS Windows yang didapatkan secara legal. Antivirus ini juga bisa memindai keberadaan malware pada perangkat yang diinstal.

2. Microsoft Security Essentials

Sama seperti Windows Defender, Microsoft Security Essentials juga bisa didapatkan secara cuma-cuma oleh pengguna Windows. Namun, antivirus ini hanya mendukung sistem operasi Windows 7 saja.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X