Kompas.com - 12/10/2019, 07:28 WIB
ilustrasi Google Maps searchengineland.comilustrasi Google Maps

KOMPAS.com - Dark mode atau mode gelap kini tengah menjadi tren di antara para pengembang aplikasi dalam waktu satu tahun belakangan. Aplikasi-aplikasi populer semacam Instagram, Twitter, dll. juga sudah memiliki mode ini.

Google pun turut membenamkan mode gelap pada serangkaian aplikasi serta layanan miliknya. Sebut saja YouTube yang sudah lebih dulu punya mode gelap sejak tahun lalu, atau Gmail yang kedatangan dark mode pada September lalu.

Google tampaknya masih akan terus menggelontorkan mode gelap untuk layanan miliknya. Kini giliran Google Maps yang disinyalir akan mendapatkan mode ini.

Baca juga: Mode Gelap Resmi Hadir di Instagram, Begini Cara Mengaktifkannya

Hal tersebut terendus dari sebuah video singkat yang diunggah akun resmi Android di Instagram. Video tersebut memperlihatkan sejumlah layanan milik Google yang kemudian berubah warna menjadi gelap, termasuk Google Maps.

Dikutip KompasTekno dari Tech Radar, Sabtu (12/10/2019), meski demikian dark mode sejatinya bukan hal baru untuk Google Maps.

Layanan peta digital ini sebelumnya sudah memiliki mode malam, di mana Google Maps akan secara otomatis berganti warna menjadi gelap ketika aplikasi ini digunakan dalam kondisi minim cahaya.

Meski begitu, belum diketahui dengan jelas kapan mode gelap ini akan hadir dan mulai digelontorkan pada Google Maps. Google sendiri pada awal Agustus lalu baru saja merilis mode gelap pada Google Chrome.

Baca juga: Mode Menyamar Google Maps di Android Disebar, Fungsinya?

Mode gelap saat ini memang tengah menjadi tren. Mode gelap dipercaya lebih ramah pada mata pengguna dan bisa membuat baterai perangkat jadi lebih tahan lama.

Selain Google, Instagram pun beberapa waktu lalu mendapatkan mode gelap ini. Bahkan mode gelap Instagra memuncaki tangga Trending Topic Twitter untuk wilayah Indonesia lewat tagar #InstagramDarkMode.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Tech Radar
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.