WhatsApp Sempat Hilang dari Toko Aplikasi Android

Kompas.com - 12/10/2019, 13:30 WIB
Ilustrasi WhatsApp PhoneArenaIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Ada hal janggal yang terjadi pada WhatsApp, Jumat (11/10/2019) malam waktu Indonesia. Aplikasi pesan instan itu mendadak hilang dari toko aplikasi Google Play Store.

Pengguna yang hendak menginstal WhatsApp melaporkan tak dapat menemukan aplikasi tersebut selama beberapa waktu.

Mereka hanya dapat menemukan WhatsApp versi Bisnis ketika memasukkan kata kunci "WhatsApp" pada bilah pencarian Play Store.

Tidak diketahui penyebab hilangnya aplikasi WhatsApp dari toko aplikasi ini. Selain hilang dari Play Store, WhatsApp juga hilang dari toko aplikasi pihak ketiga, seperti AppGallery Huawei dan Galaxy Store Samsung.

Baca juga: WhatsApp Status Bisa Dibagikan ke Facebook Story, Begini Caranya

Sementara di toko aplikasi AppStore (iOS) WhatsApp masih dapat ditemukan dan dapat di-instal dengan normal.

Dikutip KompasTekno dari The Next Web, Sabtu (12/10/2019), kejadian janggal ini banyak dilaporkan di wilayah Belanda dan Britania Raya (United Kingdom). Meski demikian, hilangnya WhatsApp dari toko aplikasi tidak memengaruhi performa aplikasi tersebut.

WhatsApp masih dapat digunakan sebagaimana biasanya tanpa ada kendala teknis.

Pihak WhatsApp sendiri tidak memberikan penjelasan secara rinci mengapa hal tersebut bisa terjadi. Mereka hanya mengatakan bahwa sekitar pukul 12.15 siang waktu setempat, WhatsApp ini sudah kembali tersedia di Google Play Store.

Baca juga: Mark Zuckerberg Ungkap Penyebab Facebook Cs Sering Down

Kejadian serupa juga pernah dialami oleh Instagram pada bulan lalu. Instagram sempat hilang dari Google Play Store dan kembali muncul sehari setelahnya.

Sebagai informasi, Instagram dan WhatsApp adalah dua aplikasi yang sama-sama dimiliki oleh Facebook. Artinya besar kemungkinan ada korelasi antara kejadian hilangnya Instagram dan WhatsApp ini.

WhatsApp sendiri saat ini dilaporkan memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif harian. Facebook membeli WhatsApp sejak Oktober 2014 lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X