Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Tetapkan Android 11 Tanpa Nama Makanan Lagi?

Kompas.com - 14/10/2019, 09:11 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya Google melepas tradisi penaamaan Android dengan nama cemilan penutup manis, pada Android 10 yang dirilis pada 2019 ini.

Google beralasan bahwa penamaan Android dengan nama makanan manis sesuai urutan alfabet, lebih sulit dipahami untuk masyarakat global.

Penamaan sistem operasi Android dengan menggunakan angka tampaknya akan berlanjut di tahun depan. Penerus dari Android 10 ini disinyalir akan diberi nama sebagai Android 11.

Dugaan tersebut muncul setelah Google menggelar sebuah acara untuk para developer dengan tema "Preparing for Scoped Storage in Android 11".

Baca juga: Google Umumkan Nama untuk Android Q dan Logo Baru Android

Kalimat yang perlu digarisbawahi pada tema acara di atas adalah "Android 11". Kalimat inilah yang menjadi indikasi bahwa Google akan melanjutkan penamaan Android terbaru dengan menggunakan angka.

Meski belum dikonfirmasi secara resmi, besar kemungkinan Google akan menyematkan nama Android 11 pada sistem operasi berikutnya. Pasalnya jika Google berencana untuk kembali menggunakan nama makanan, seharusnya nama yang diusung dalam acara tersebut adalah "Android R".

Kendati demikian, belum diketahui apa saja fitur baru yang akan dibawa oleh Android 11. Sampai saat ini, pembaruan Android 10 pun belum digelontorkan kepada semua smartphone sehingga masih terlalu dini untuk menebak apa saja fitur yang ada pada Android 11.

Baca juga: Google Resmikan Android 10 Go Edition, OS Ringan untuk Ponsel Murah

Dikutip KompasTekno dari Trusted Review, Senin (13/10/2019), Android 10 sendiri dianggap tidak membawa perubahan signifikan dari Androi 9 Pie.

Fitur yang paling menonjol dari Android 10 adalah adanya mode gelap alias dark mode dan navigasi gesture. Selebihnya, pembaruan fitur yang dibawa pada Android 10 dianggap tidak signifikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com