Presiden Jokowi Janji Cek Sinyal Palapa Ring ke Papua

Kompas.com - 14/10/2019, 11:55 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi istrinya, Iriana Widodo, menyambangi pabrik sagu terbesar di Papua, Jumat (1/1/2016). Ambaranie Nadia K.MPresiden Joko Widodo didampingi istrinya, Iriana Widodo, menyambangi pabrik sagu terbesar di Papua, Jumat (1/1/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan pengoperasian jaringan backbone internet Palapa Ring. Proyek "tol langit" itu terbagi menjadi tiga paket, mulai dari wilayah barat, tengah, hingga timur, yakni di wilayah Papua.

Pantauan KompasTekno dari live streaming di kanal YouTube Sekretariat Kabinet, Jokowi mengatakan bahwa sebelum proyek ini rampung, Ia seringkali mendapat laporan masyarakat khususnya wilayah timur, yang mengeluh lambatnya koneksi internet di sana.

Jokowi pun mengungkapkan bahwa berdasarkan pengalamannya sendiri, koneksi internet di sejumlah wilayah di Indonesia memang masih sangat lemah.

"Ada wilayah yang koneksinya sangat kencang ada juga yang lemah. Saya alami, saya kan senang mencoba. Bahkan ada yang blank. Jangankan video atau gambar, teks aja masih lambat," kata Presiden Jokowi dalam peresmian Palapa Ring di Istana Negara, Senin (14/10/2019).

Baca juga: Fakta-fakta Tol Langit Palapa Ring, dari Mangkrak hingga Diresmikan Presiden Jokowi Hari Ini

Ia kemudian berjanji setelah pelantikan nanti, ia akan kembali ke Papua untuk melakukan pengecekan jaringan internet hasil proyek Palapa Ring paket Timur. Adapun pelantikan Presiden akan dilakukan pada 20 Oktober mendatang. 

"Misalnya dulu di Wamena, bisa kita lihat, saat itu belum (cepat). Yang sekarang (setelah Palapa Ring rampung) saya belum coba. Setelah pelantikan saya mau coba lagi, sudah on betul atau tidak," lanjutnya.

Kendati demikian, Jokowi tidak menyebutkan secara pasti kapan pengecekan jaringan itu akan dilakukan. 

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga menegaskan bahwa keberadaan infrastruktur penunjang konektivitas digital ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh semua pihak, termasuk masyarakat, pelaku usaha, dan pemerintah.

"Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen tuntaskan Palapa Ring sebagai tol langit. Tidak hanya memajukan sektor ekonomi, tapi juga sektor sosial, budaya, politik, dan pemerintahan. Inilah yang akan menyambungkan negara kita," kata Presiden Joko Widodo.

Tentang Palapa Ring

Sebagai informasi Palapa Ring Barat resmi diluncurkan pada tahun lalu. Proyek itu akan menjangkau wilayah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau dengan dukung jaringan kabel serat optik sepanjang 1.980 km.

Baca juga: Palapa Ring Timur Jadi yang Paling Sulit dan Mahal

Sementara Palapa Ring paket tengah rampung pada awal tahun 2019 ini. Jaringan kabel serat optik membentang sepanjang 2.995 kilometer melintasi 17 kabupaten dan kota.

Sedangkan Palapa Ring paket timur yang baru saja rampung memiliki panjang 6.878 kilometer serat optik darat dan laut.

Kabel ini menjangkau 51 kabupaten/kota yang melalui 4 provinsi, yaitu Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Papua, dan Papua Barat, terdiri dari 35 kabupaten/kota layanan dan 16 kabupaten/kota interkoneksi.

Baca juga: Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Langit Palapa Ring

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X