Jokowi: Internet Cepat Palapa Ring Jangan Dipakai untuk Sebar Hoaks

Kompas.com - 14/10/2019, 15:14 WIB
Presiden Jokowi usai membesuk Menko Polhukam Wiranto di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Kamis(10/10/2019). Menko Polhukam Wiranto diserang dua orang setelah meresmikan Universitas Mathlaul Awal di Pandeglang, Banten, pada Kamis (10/10/2019). KOMPAS.com/M ZAENUDDINPresiden Jokowi usai membesuk Menko Polhukam Wiranto di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Kamis(10/10/2019). Menko Polhukam Wiranto diserang dua orang setelah meresmikan Universitas Mathlaul Awal di Pandeglang, Banten, pada Kamis (10/10/2019).
|
Editor Oik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaringan backbone internet Palapa Ring yang terdiri tiga paket kini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dalam sebuah acara yang digelar di Istana Negara, Senin (14/10/2019).

Proyek Palapa Ring terdiri dari tiga paket yakni barat, tengah, dan timur. Infrastruktur yang kerap disebut sebagai " tol langit" ini menjanjikan perluasan konektivitas internet ke daerah yang selama ini belum atau sulit terjangkau.

Baca juga: Fakta Tol Langit Palapa Ring, dari Mangkrak hingga Diresmikan Presiden Jokowi Hari Ini

Melihat potensi internet cepat yang jangkauannya akan semakin meluas lewat Palapa Ring, Presiden Joko Widodo mengingatkan agar konektivitas ini tidak disalahgunakan seperti untuk kejahatan siber atau penyebaran hoaks.

"Harus diingat, koneksi yang cepat jangan disalahgunakan. Untuk fitnah, hoaks, fake news, ini yang harus dicegah. Termasuk kejahatan siber dan lainnya untuk saling berkembang," kata Joko Widodo dalam peresmian Palapa Ring di Istana Negara.

Menurut pantauan KompasTekno dari live streaming di kanal YouTube Sekretariat Kabinet, Senin (14/10/2019), Jokowi juga menegaskan bahwa proyek Palapa Ring yang telah rampung ini diharapkan bisa menghadirkan kesetaraan koneksi internet di masyarakat.

Dengan demkian, bukan hanya wilayah perkotaan saja yang mendapat koneksi internet cepat, tetapi juga masyarakat yang berada di wilayah terpencil.

Baca juga: Tanggapan Para Kepala Daerah saat Menjajal Palapa Ring Bersama Jokowi

"Konektivitas digital ini harus dimanfaatkan untuk memperkuat pendidikan, fasilitasi lalu lintas ilmu pengetahuan dan menembus seluruh pelosok nusantara, memperkuat perdagangan ke pasar nasional bahkan global," kata Jokowi.

"Oleh karena itu pemerintah berkomitmen tuntaskan Palapa Ring sebagai tol langit. Tidak hanya memajukan sektor ekonomi, tapi juga sektor sosial budaya politik dan pemerintahan. Inilah yang akan menyambungkan negara kita," lanjutnya.

Baca juga: Palapa Ring Resmi, Wagub NTT Curhat Internet Masih Nyala Tidak Tentu

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X