Operator Seluler Sambut Baik Palapa Ring, Berharap Tarif Bisa Murah

Kompas.com - 15/10/2019, 08:12 WIB
Peta pembagian wilayah proyek Palapa Ring di seluruh wilayah Indonesia KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDIPeta pembagian wilayah proyek Palapa Ring di seluruh wilayah Indonesia

KOMPAS.com - Proyek Palapa Ring yang rampung pada Agustus lalu kini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Infrastruktur backbone internet yang kerap disebut sebagai "tol langit" ini akan membawa jaringan internet ke pelosok negeri.

Proyek Palapa Ring terdiri dari tiga paket, yakni paket barat, tengah, dan timur. Ketiganya memiliki jangkauan dan wilayah masing-masing.

Ketiga paket ini dapat dimanfaatkan oleh operator seluler untuk memperluas jaringannya ke wilayah yang sulit terjangkau. Operator diperkenankan untuk menyewa fasilitas infrastruktur Palapa Ring guna membangun jaringan komunikasi.

Operator seluler pun kompak untuk mempertimbangkan penggunaan fasilitas Palapa Ring ini. Menurut mereka, infrastruktur ini memang bisa digunakan untuk memperluas jaringan internet ke wilayah yang sulit dijangkau fiber optik.

Baca juga: Resmi Beroperasi, Ini Daftar Tarif Palapa Ring Barat, Tengah, dan Timur

Contohnya Telkomsel. Operator seluler pelat merah ini mengatakan bahwa pihaknya memberikan dukungan atas kehadiran Palapa Ring ini. Pihak Telkomsel pun mengatakan saat ini tengah mempertimbangkan untuk menyewa infrastruktur tersebut.

"Telkomsel sebagai bagian dari Telkom Group masih dalam tahap analisa dan review dalam hal penyewaan Palapa Ring tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan," ungkap GM External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim melalui keterangan resminya kepada KompasTekno, Selasa (15/10/2019).

Telkomsel sendiri pada Mei 2019 sempat mengatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan penggunaan Palapa Ring paket tengah dan timur. Hal tersebut diutarakan Direktur Utama Telkomsel saat itu, Ririek Adriansyah.

"Sebab, segmen Palapa Ring ini cukup banyak. Tapi kemungkinan besar daerah (Palapa Ring) Tengah dan Timur. Dugaan saya begitu," ujar Ririek.

Senada dengan Telkomsel, operator seluler Indosat Ooredoo pun menyatakan akan menggunakan infrastruktur '"tol langit" tersebut. Menurut pihak Indosat, Palapa Ring dapat mempercepat perluasan jaringan ke wilayah terpencil.

"Kami akan menggunakan Palapa Ring untuk mempercepat peningkatan penetrasi di wilayah-wilayah yang selama ini masih belum terjangkau fiber optik," ungkap Turina Farouk, SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X