Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Facebook, Indosat Gelar Program Literasi Digital Internet 101

Kompas.com - 15/10/2019, 15:20 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Indosat Ooredoo meluncurkan program khusus bernama Internet 101. Program ini merupakan bagian dari CSR Indosat Ooredoo pilar edukasi yang bekerja sama dengan Facebook.

Internet 101 bertujuan untuk meningkatkan adopsi mobile internet dan literasi digital bagi pengguna internet pemula di daerah-daerah pedesaan.

"Fokus utamanya adalah pengguna internet yang masih jarang menggunakan internet atau yang belum menggunakan internet sama sekali," jelas Hendry Syaputra VP Head of Mobile Financial Services Indosat Ooredoo di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Baca juga: Indosat Jual 3.100 Menara BTS ke Mitratel dan Protelindo Senilai Rp 6,3 Triliun

Internet 101 dilatar belakangi oleh riset GSMA yang menyebut bahwa 97 persen populasi di Indonesia yang tidak memiliki ponsel, tinggal di daerah pedesaan.

Hendry mengatakan, sebagai penyedia akses jaringan internet, Indosat akan akan memanfaatkan beberapa kanal untuk merealisasikan program ini, terutama melalui perpanjangan tangan retailer dan outlet Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia.

Agar masyarakat tidak termakan hoaks

Hendry menjelaskan bahwa para retailer akan diberikan pelatihan tentang bagaimana cara mengedukasi pelanggan Indosat. Mereka akan mendapat akses ke portal yang telah disiapkan Facebook.

"Kemudian, dia bisa log in ke portal tersebut dan memasukan nomor ponsel si pelanggan dan menunjukan video," lanjut Hendry.

Video yang diperlihatkan adalah video pendek tentang cara memanfaatkan internet yang baik dan aman. Misalnya saja, bagaimana cara menggunakan Facebook, WhatsApp, melakukan pencarian Google, dan mencari informasi di Wikipedia.

Baca juga: Indosat Rilis Paket Freedom Internet Tanpa Batasan Jam

Ada pula satu video khusus yang disiapkan untuk membantu agar masyarakat tidak termakan hoaks dan menyebarkan informasi secara bertanggung jawab.

"Kampanye nasional ini akan membantu memperkuat upaya inklusi digital dan mendorong orang-orang untuk menggunakan internet secara bertanggung jawab dan aman," ujar President Director & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo, Ahmad Al Neama.

Dimulai di Kalimantan dan Sulawesi

Selain retail, perusahaan bernuansa kuning ini juga akan memanfaatkan platform lain, seperti SMS, situs resmi, call centre, dan aplikasi mobile My IM3.

Konten edukasi dibuat menggunakan kurikulum GSMA MISTT yang telah disesuaikan dengan masyarakat Indonesia, misalnya daris segi bahasa. Kurikulum ini tidak hanya dibuat oleh Facebook, tapi juga Google, YouTube dan Wikipedia.

VP Global Mobile Partnership Facebook Francisco Varela menyambut baik kerjasama dengan Indosat untuk meningkatkan literasi digital di Indonesia lewat internet 101.

Baca juga: CEO Baru Indosat Punya Pengalaman 5G di Qatar, Tak Mau Buru-buru di Indonesia

"Kami dapat membawa lebih banyak masyarakat Indonesia ke ranah online, serta memberdayakan mereka dengan pengetahuan yang mumpuni agar tetap aman saat menggunakan teknologi dan platform digital,” kata Varela

Dalam satu tahun ke depan, Indosat menargetkan satu juta pelangganya akan mendapatkan edukasi ini, mencakup desa-desa di seluruh pelosok negeri.

Sebagai langkah awal, program ini akan dimulai di wilayah Kalimantan dan Sulawesi yang penetrasi pengguna internetnya masih rendah. "Kami percaya diri, jaringan internet di sana sudah cukup baik untuk mengakses internet," jelas Hendry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com