Gandeng Facebook, Indosat Gelar Program Literasi Digital Internet 101

Kompas.com - 15/10/2019, 15:20 WIB
Dari kiri ke kana: President Director & Chief Executove Officer Indosat Ooredoo, Ahmad Al Neama, Samuel Abrijani Pangarepan, Dirjen Aptika Kominfo, dan VP Mobile Partnership Facebook, Francisco Varela saat peluncuran program Internet 101 di Jakarta, Selasa (15/10/2019). KOMPAS.com/ WAHYUNANDA KUSUMA PERTIWIDari kiri ke kana: President Director & Chief Executove Officer Indosat Ooredoo, Ahmad Al Neama, Samuel Abrijani Pangarepan, Dirjen Aptika Kominfo, dan VP Mobile Partnership Facebook, Francisco Varela saat peluncuran program Internet 101 di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Indosat Ooredoo meluncurkan program khusus bernama Internet 101. Program ini merupakan bagian dari CSR Indosat Ooredoo pilar edukasi yang bekerja sama dengan Facebook.

Internet 101 bertujuan untuk meningkatkan adopsi mobile internet dan literasi digital bagi pengguna internet pemula di daerah-daerah pedesaan.

"Fokus utamanya adalah pengguna internet yang masih jarang menggunakan internet atau yang belum menggunakan internet sama sekali," jelas Hendry Syaputra VP Head of Mobile Financial Services Indosat Ooredoo di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Baca juga: Indosat Jual 3.100 Menara BTS ke Mitratel dan Protelindo Senilai Rp 6,3 Triliun

Internet 101 dilatar belakangi oleh riset GSMA yang menyebut bahwa 97 persen populasi di Indonesia yang tidak memiliki ponsel, tinggal di daerah pedesaan.

Hendry mengatakan, sebagai penyedia akses jaringan internet, Indosat akan akan memanfaatkan beberapa kanal untuk merealisasikan program ini, terutama melalui perpanjangan tangan retailer dan outlet Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia.

Agar masyarakat tidak termakan hoaks

Hendry menjelaskan bahwa para retailer akan diberikan pelatihan tentang bagaimana cara mengedukasi pelanggan Indosat. Mereka akan mendapat akses ke portal yang telah disiapkan Facebook.

"Kemudian, dia bisa log in ke portal tersebut dan memasukan nomor ponsel si pelanggan dan menunjukan video," lanjut Hendry.

Video yang diperlihatkan adalah video pendek tentang cara memanfaatkan internet yang baik dan aman. Misalnya saja, bagaimana cara menggunakan Facebook, WhatsApp, melakukan pencarian Google, dan mencari informasi di Wikipedia.

Baca juga: Indosat Rilis Paket Freedom Internet Tanpa Batasan Jam

Ada pula satu video khusus yang disiapkan untuk membantu agar masyarakat tidak termakan hoaks dan menyebarkan informasi secara bertanggung jawab.

"Kampanye nasional ini akan membantu memperkuat upaya inklusi digital dan mendorong orang-orang untuk menggunakan internet secara bertanggung jawab dan aman," ujar President Director & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo, Ahmad Al Neama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X