Kominfo Tawarkan Pembangunan "Backhaul" Palapa Ring ke Operator

Kompas.com - 16/10/2019, 08:42 WIB
Ilustrasi BTS Telkomsel IstimewaIlustrasi BTS Telkomsel

KOMPAS.com - Meski proyek Palapa Ring telah sepenuhnya rampung, bukan berarti jaringan internet itu sudah bisa dinikmati begitu saja di daerah pelosok. Masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk menikmati konektivitas itu.

Untuk memanfaatkan jaringan backbone Palapa Ring, perlu dibangun jaringan perantara yang menghubungkan antara backbone dengan BTS milik operator. Jaringan itulah yang disebut sebagai backhaul.

Angka investasi untuk membuat jaringan backhaul pun tak sedikit. Menurut Direktur Utama BAKTI Kominfo, Anang Achmad Latif, harga rata-rata pembangunan backhaul bisa mencapai 15.000 dollar AS per kilometer di darat.

Sementara di laut, harganya bisa dua kali lipat lebih mahal, yakni berkisar antara 45.000 dollar AS sampai 50.000 dollar AS.

Baca juga: Setelah Palapa Ring, Kominfo Kejar Pembangunan 4.000 BTS

Menurut Anang, proses pembangunan backhaul ini akan ditawarkan terlebih dahulu kepada operator-operator seluler dan penyedia layanan internet, yang menyewa jaringan backbone Palapa Ring. Mereka dapat memilih wilayah mana saja yang "seksi" untuk bisnis.

Operator bisa mempertimbangkan wilayah yang akan dibangun berdasarkan perhitungan investasi dan keuntungan. Jika operator kemudian menyerah untuk membangun backhaul di wilayah tertentu, barulah pemerintah akan turun tangan untuk membangun.

"Pemerintah akan membangun (backhaul) setelah operator memutuskan untuk tidak membangun di satu wilayah tertentu," ungkap Anang saat ditemui di kantor Kementerian Kominfo, Selasa (15/10/2019).

"Nanti kami tawarkan dulu mana yang akan dibangun operator, kalau tidak ada, nanti pemerintah yang bangun," imbuhnya.

Berbeda tiap wilayah

Dalam kesempatan yang sama, Andi Agus Akbar, VP Regulatory Management Telkomsel mengatakan bahwa nilai investasi untuk pembangunan backhaul memang akan berbeda berdasarkan wilayah yang dibangun.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X