Cara Mengubah Tulisan Tangan Jadi Dokumen Teks dengan Galaxy Note 10

Kompas.com - 16/10/2019, 10:37 WIB
S Pen Galaxy Note 10 Plus Wahyunanda Kusuma/Kompas.comS Pen Galaxy Note 10 Plus
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Salah satu fitur yang dimiliki oleh stylus S-Pen di Samsung Galaxy Note 10 adalah handwriting-to-text yang bisa mengubah tulisan tangan menjadi dokumen teks.

Fitur ini juga dijanjikan oleh Samsung akan hadir di ponsel-ponsel lain buatannya yang dilengkapi antarmuka OneUI 2.0.

Baca juga: Cara Mudah Edit Video di Galaxy Note 10 dengan S Pen

Selain itu, fitur handwriting-to-text juga telah tersedia di seri Galaxy Note 9 dan Galaxy Note 8 sebagai upgrade fitur. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Fitur handwriting-to-text dapat digunakan dengan pena stylus S Pen Galaxy Note 10, saat menulis catatan di aplikasi catatan bawaan Samsung, yakni S Note.

Menu Air Command di Galaxy Note 10.KompasTekno Menu Air Command di Galaxy Note 10.
Aplikasi S Note juga bisa diakses lewat menu Air Command (menu yang muncul saat S Pen ditarik keluar dari ponsel). Pilih "Create Note", lalu pilih menu tiga titik di kanan atas, dan pilih "Samsung Note".

Menu Samsung Notes di Galaxy Note 10.KompasTekno Menu Samsung Notes di Galaxy Note 10.

Setelah aplikasi Samsung Note terbuka, Anda bisa bebas menulis tangan di area yang tersedia.

Nah, untuk mengubah tulisan tangan tadi menjadi dokumen teks, klik tulisan tangan yang dimaksud, kemudian pada deretan Menu di bawah, pilih menu "Convert to Text" yang memiliki logo coretan dan huruf "T".

Menu Convert to Text di deretan bawah aplikasi Samsung Note.KompasTekno Menu Convert to Text di deretan bawah aplikasi Samsung Note.
Tulisan tangan tadi kemudian akan dikonversi menjadi dokumen teks. Anda bisa menyalin teks tersebut dengan meng-kliknya terlebih dahulu, lalu pilih menu "Copy". Teks lantas bisa ditambahkan ke e-mail, SMS, atau pesan instan.

Lebih lanjut, teks tadi juga bisa disimpan dalam format Microsoft Word, PDF, atau dalam bentuk gambar. 

Baca juga: Solo Traveling Makin Mudah dengan Air Action Galaxy Note 10

Untuk melakukannya, pilih menu "Share" di deretan kanan atas Samsung Note, lalu pilih format yang diinginkan. Ada sejumlah format yang bisa dipilih, yakni Samsung Note Files (.SDOC), Microsoft Word, PDF, Text File, dan Image File (JPG).

Beragam format yang bisa dipilih untuk menyimpan teks.KompasTekno Beragam format yang bisa dipilih untuk menyimpan teks.
Tentu saja jika ingin menyimpan catatan tagan tadi ke format Microsoft Word, pastikan aplikasi tersebut telah terpasang di smartphone.

Baca juga: Galaxy Note 10 Bisa Hasilkan Video Anti-goyang Tanpa Perlu Gimbal

Untuk lebih lengkapnya, simak video cara menggunakan stylus S Pen di Samsung Galaxy Note 10 di tautan berikut ini atau lewat tayangan YouTube di bawah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X