Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Klaim Aplikasinya Bantu UKM Tanah Air Berkembang

Kompas.com - 16/10/2019, 17:47 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Facebook Indonesia mengklaim aplikasi jejaring sosialnya berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis usaha kecil-menengah (UKM) di Indonesia.

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari mengatakan, 89 persen bisnis kecil dan menengah yang awalnya berjalan offline, menggunakan aplikasi di bawah Facebook untuk mengembangkan usahanya.

Hasil tersebut didapat dari survei yang dilakukan Facebook bersama PT PricewaterhouseCoopers Indonesia dan Institute for Development pf Economic and Finance (INDEF).

"Sebesar 50 persen dari jumlah pelaku usaha yang kita survei, mengatakan usaha mereka berawal dari aplikasi di bawah Facebook," jelas Ruben dalam acara Facebook Indonesia Summit 2019 yang diadakan di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Baca juga: Digital Workplace Diklaim Bisa Dongkrak Pendapatan UKM

Aplikasi yang dimaksud meliputi WhatsApp, Instagram, dan Messenger. Berkat aplikasi-aplikasi itu, menurut Ruben, banyak pelaku UKM yang bisa mengekspansi bisnisnya bahkan hingga ke luar negeri.

Sebesar 16 persen responden mengaku pernah mendapatkan penjualan dari pasar internasional. Sementara 68 persen responden juga menemukan konsumen-konsumen baru di pasar domestik.

Benjamin Joe, VP Facebook untuk Asia Tenggara memandang bahwa bisnis kecil dan menengah merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia.

"Kami melihat banyak enterpreneur dari luar Jakarta yang membangun bisnisnya menggunakan Facebook, Instagram, dan WhatsApp," jelasnya.

Baca juga: Ini Alasan Facebook Pages Fokus ke UKM di Indonesia

Ia menambahkan, upaya  Facebook dalam membantu mengembangkan bisnis tidak hanya dengan menyediakan tools berupa aplikasi dan fitur saja. Facebook juga memiliki beberapa program untuk mereka, salah satunya adalah program Laju Digital.

Program ini sudah berjalan kurang lebih selama satu tahun. Dimulai sejak September 2018, Facebook singgah ke beberapa wilayah dari barat hingga timur Indonesia.

Tujuannya adalah memberikan literasi digital sekaligus pelatihan ketrampilan digital bagi pelaku usaha kecil, komunitas, dan instansi pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com