Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara "Share" WhatsApp Status ke Facebook dan Instagram Story

Kompas.com - 17/10/2019, 11:17 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp telah merilis fitur untuk menautkan WhatsApp Status ke Facebook Story. Fitur tersebut kini sudah bisa dijajal beberapa pengguna WhatsApp di Indonesia.

Apabila belum kebagian, kemungkinan pesebarannya belum merata atau versi WhatsApp di perangkat Android dan iOS yang dimiliki belum diperbarui. KompasTekno pun sudah mencoba fitur ini.

Opsi membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story hadir secara khusus (dedicated). Namun, sejatinya status tersebut bisa dibagikan ke aplikasi lain, termasuk aplikasi yang tidak berada di bawah naungan Facebook, seperti Twitter atau Telegram. Lantas Bagaimana caranya?

Membagikan WhatsApp Status ke Facebook

(ki-ka) Tampilan opsi membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story versi Android dan iOS. Opsi ini tersedia secara khusus (dedicated).Kompas.com (ki-ka) Tampilan opsi membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story versi Android dan iOS. Opsi ini tersedia secara khusus (dedicated).

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, opsi membagikan ke Facebook Story tersedia secara dedicated, terutama untuk WhatsApp Status baru. Opsi itu muncul tepat di bawah WhatsApp Status setelah berhasil diunggah.

Baca juga: Sehari, 300 Juta Orang Bikin Instagram Stories dan WhatsApp Status

Untuk membagikannya ke Facebook Story, cukup klik pilihan tersebut dan secara otomatis akan tersambung ke aplikasi Facebook. Agak berbeda dengan WhatsApp Status lama yang sudah tertimpa status baru atau telah diunggah beberapa jam lalu.

Untuk WhatsApp Status versi lama, opsi membagikan ke Facebook Story bisa ditemukan dengan mengklik ikon titik tiga di sebelah kanan status untuk varsi Android, dan opsi "My Status" di iOS.

Kemudian, pilih opsi "bagikan ke Facebook Story". Jangan lupa untuk log in terlebih dahulu ke akun Facebook, jika baru pertama kali mengaksesnya via mobile.

Setelah terhubung ke Facebook akan muncul foto profil lengkap dengan pengaturan privasi konten. Privasi itu bisa digunakan untuk menyaring, apakah Facebook Story bisa dilihat secara publik atau hanya akun yang berteman saja.

Setelah diatur, kemudian pilih "bagikan sekarang". Otomatis, WhatsApp Status tadi akan muncul sebagai Facebook Story, lengkap dengan gambar dan keterangannya (caption).

Cara membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story. Konten di WhatsApp Status berupa gambar atau video akan langsung terunggah ke Facebook Story lengkap dengan keterangan teks atau caption.Kompas.com Cara membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story. Konten di WhatsApp Status berupa gambar atau video akan langsung terunggah ke Facebook Story lengkap dengan keterangan teks atau caption.

Hanya saja, akan ada beberapa pembatasan saat WhatsApp Status diagikan ke Facebook Story. Khususnya untuk WhatsApp Status yang berisi link atau tautan. 

Apabila dibagikan ke Facebook Stroy, tautan tersebut hanya akan muncul sebagai teks, lebih mirip dengan bidikan layar (screen shot). Artinya, tautan tersebut tidak bisa diakses secara langsung.

Perbedaan tampilan WhatsApp Status dan Facebook StoryIndian Express Perbedaan tampilan WhatsApp Status dan Facebook Story

Seperti WhatsApp Status, Facebook Story juga akan bertahan selama 24 jam. Meski terkoneksi, kedua platform ini tidak saling berhubungan secara simultan.

Artinya, apabila WhatsApp Status orisinil dihapus, konten yang sama tetap akan muncul di Facebook Story setelah dibagikan.

Baca juga: 3 Cara Melihat Instagram Story Tanpa Ketahuan

Jadi, pengguna harus menghapus satu per satu konten di WhatsApp Status dan Facebook Story, apabila ingin membatalkan unggahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com