Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Patenkan Desain Ponsel dengan Poni Terbalik

Kompas.com - 17/10/2019, 15:09 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Layar yang luas dengan bezel (bingkai) seminim mungkin sepertinya masih akan menjadi tren di dunia smartphone. Para vendor ponsel pun terus memutar otak, mencari-cari desain baru untuk mengakomodir layar yang semakin luas.

Samsung, misalnya, baru-baru ini diketahui mematenkan ponsel dengan desain "reverse notch" alias poni terbalik.

Alih-alih mengarah ke bagian dalam layar seperti biasanya, reverse notch ala Samsung justru mencuat ke arah luar sehingga tampak menonjol di atas layar. Alhasil, bentuk ponsel tidak utuh persegi panjang.

Baca juga: Samsung Patenkan Ponsel Layar Geser Mirip Xiaomi Mi Mix 3

Sebagaimana notch pada umumnya, bagian poni pada desain ini juga dihuni beberapa komponen yang kemungkinan adalah kamera depan serta earpice.

Paten reverse notch sudah didaftarkan sekitar setahun lalu oleh Samsung di Korean Intellectual Property Office (KIPO).

Desain reverse notch yang dipatenkan Samsung.Lets Go Digital via GSM Arena Desain reverse notch yang dipatenkan Samsung.

Sayangnya, tidak ada informasi lebih banyak terkait desain unik ini. Dirangkum KompasTekno dari Lets Go Digital, Kamis (17/10/2019), desain semacam ini juga pernah dipatenkan Xiaomi.

Hanya saja, ukuran notch milik Xiaomi tidak selebar dan sepanjang desain Samsung. Bilah notch Xiaomi jauh lebih mungil, hanya cukup untuk menampung dua buah lubang sensor/ kamera dan earpiece di bawah.

Desain notch yang mencuat ke luar layar milik Xiaomi yang kabarnya juga telah dipatenkan.GSM Arena Desain notch yang mencuat ke luar layar milik Xiaomi yang kabarnya juga telah dipatenkan.

Vendor asal China itu juga belakangan dikabarkan mematenkan desain "bertanduk". Dalam bocoran yang beredar, sudut kiri dan kanan atas tempat kamera depan, menonjol keluar menyerupai sepasang tanduk kecil.

Baca juga: Xiaomi Patenkan Desain Ponsel Bertanduk

Perlu ditambahkan bahwa desain yang telah dipatenkan belum tentu benar-benar akan terealisasi.

Sejauh ini, belum ada vendor smartphone yang mewujudkan konsep nyeleneh seperti dalam contoh di atas. Apabila ada yang berminat, mungkin bisa menjadi penyegaran desain smartphone yang selama ini terlihat seragam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com