Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera 64 Megapiksel Redmi Note 8 Pro, Berguna atau Cuma "Gimmick"?

Kompas.com - 19/10/2019, 10:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi mendeklarasikan diri sebagai vendor pertama di Indonesia yang memboyong smartphone dengan kamera beresolusi 64 megapiksel melalui Redmi Note 8 Pro.

Kamera tersebut menggunakan sensor ISOCELL Bright GW1 besutan Samsung dengan teknologi pixel quad-binning.Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia mengklaim, kamera utama ini bisa merekam foto beresolusi tinggi, hingga 9.248 x 6.936 piksel.

Namun, apakah foto beresolusi tinggi benar-benar berguna untuk fotografi mobile ataukah hanya gimmick pemasaran belaka?

Baca juga: Redmi Note 8 dan Note 8 Pro Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Pengamat gadget Lucky Sebastian beranggapan teknologi pixel-binning yang menggabungkan tiap empat piksel menjadi satu pada ponsel ini mampu menghasilkan gambar akhir beresolusi 16 megapiksel (64:4) yang lebih detil dibandingkan sensor 16 megapiksel konvensional. 

"Gambar sedetil itu kalau diunggah ke sosial media setelah diperbaiki atau diedit hasilnya lebih padat, lebih bagus dibanding gambar biasa," ujar Lucky yang hadir di acara peluncuran Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Pengamat gadget Lucky SebastianWahyunanda Kusuma/Kompas.com Pengamat gadget Lucky Sebastian

Kendati demikian, Lucky menambahkan bahwa gambar yang dihasilkan juga tergantung algoritma software dan prosesor pengolah gambar (ISP) yang ditanamkan di dalam smartphone.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Serta Harga Redmi Note 8 dan Note 8 Pro di Indonesia

Sebab, masing-masing pabrikan memiliki "resep" pengolahan gambar sendiri sehingga hasil akhir bisa tampak berbeda, meski sensor yang digunakan sama persis.

Meski dioptimalkan untuk pixel-binning, Kamera Redmi Note 8 Pro bisa diatur agar menjepret dalam resolusi native sebesar 64 megapiksel untuk memaksimalkan ketajaman dan tangkapan detil.

Konsekuensinya, ukuran tiap file foto juga akan membengkak hingga mencapai kisaran 20 megabyte, menurut penjelasan Xiaomi. Semakin banyak foto 64 megapiksel yang dijepret, maka semakin banyak pula ruang memori internal ponsel yang tersita.

Baca juga: Menjajal Kamera Makro Redmi Note 8, Begini Hasilnya

Sebab itulah, Lucky menganjurkan pemilik ponsel agar turut mempertimbangkan kapasitas media internal apabila gemar memotret dalam resolusi tinggi. Bisa pula menggunakan kartu memori microSD.

"Minimal (memori internal) 64 GB lah, tapi 128 GB lebih enak pasti," sarannya.

Lucky memprediksi tren smartphone dengan resolusi kamera 64 megapiksel akan semakin mengemuka tahun depan.

Selain kamera utama 64 megapiksel, Redmi Note 8 Pro juga ditemani kamera ultra wide 8 megapiksel, depth sensor 2 megapiksel, dan kamera makro 2 megapiksel. Semenatra kamera depannya memiliki resolusi 20 megapiksel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com