Lebih dari 50 Persen iPhone Sudah Menjalankan iOS 13

Kompas.com - 21/10/2019, 08:07 WIB

KOMPAS.com - Adopsi iOS 13 terbilang sangat cepat terserap. Sejak resmi digulirkan untuk pengguna umum akhir September lalu, Apple mengklaim lebih dari 50 persen iPhone yang dibuat dalam empat tahun terakhir sudah menjalankan iOS 13.

Sementara itu, angka adopsi iPad OS yang juga baru dirilis sudah mencapai 41 persen. Sistem operasi khusus iPad ini dirilis sekitar sepekan setelah iOS 13 bergulir.

Baca juga: Update iOS 13 Sudah Bisa Di-download, Ini Fitur-fitur Barunya

iOS 13 membawa fitur-fitur baru yang disambut antusias pengguna iPhone, salah satunya mode gelap. Selain karena fitur, cepatnya adopsi iOS 13 juga dikarenakan Apple terus mendorong pengguna iPhone 6s ke atas untuk segera memperbarui software ke iOS 13.

Berbeda dengan Android, Apple bisa leluasa menggulirkan pembaruan ke perangkat kerasnya karena hanya dibuat oleh satu pabrikan.

Dengan masifnya adopsi iOS 13, menurut analis David McQueen dari ABI Research akan membantu mengurangi fragmentasi di platform iOS. Dengan begitu fitur-fitur baru yang akan diberikan akan bisa lebih merata ke perangkat iOS.

Sementara itu, Android terdiri dari berbagai macam merek smartphone yang menyulitkan update serentak. Penyerapan sistem operasi baru di kalangan penggunanya pun kalah cepat dibanding iOS.

Baca juga: Apple Maps di iOS 13 Punya Fitur Mirip Google Street View

"Hal ini akan menyebabkan ketidakkonsistenan pengalaman pengguna di ekosistem Android dengan potensi masalah lain yakni keamanan," jelas McQueen dirangkum KompasTekno dari CNN, Sabtu (19/10/2019).

Fragmentasi di Android juga menjadi tantangan sendiri untuk pengembang yang ingin memberikan pengalaman konsisten di semua jenis perangkat. Sebab, masing-masing vendor memiliki rancangan perangkat dan software bawaan sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.