Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Siapkan Lebih dari 10 Ponsel 5G untuk 2020

Kompas.com - 21/10/2019, 17:02 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Pabrikan ponsel asal China, Xiaomi, mulai lebih serius menggarap ponsel dengan dukungan jaringan 5G. Xiaomi menyatakan akan membuat sebanyak lebih dari 10 ponsel 5G di 2020 mendatang.

Berbicara dalam acara World Internet Conference di Wuzhen, China, CEO Xiaomi, Lei Jun mengatakan permintaan pasar terhadap ponsel dengan dukungan jaringan 5G telah melebihi perkiraan perusahaan. Hal tersebut menurut Lei, turut memengaruhi rantai pasokan.

Alhasil, dengan pertimbangan tersebut, Lei mengungkap Xiaomi akan meluncurkan sejumlah ponsel 5G dari beberapa segmen harga yang berbeda mulai dari kelas atas, menengah, hingga bawah.

Baca juga: Dari Samsung hingga Oppo, Ini Deretan Ponsel 5G yang Hadir di 2019

"Orang-orang di industri khawatir bahwa ponsel model 4G tahun depan tidak akan laku, ini adalah langkah yang harus dilakukan. Jadi kami berharap operator bisa mempercepat perluasan BTS 5G mereka," kata Lei Jun.

Dihimpun KompasTekno dari Reuters, Senin (21/10/2019), Xiaomi saat ini tengah menghadapi persaingan ketat di pasar China dari Huawei Technologies. Bulan lalu, Xiaomi juga merilis Xiaomi Mi 9 Pro yang jadi ponsel 5G pertama yang dijual di kawasan China.

Selain itu pada Februari lalu Xiaomi juga memperkenalkan Mi Mix 3 versi 5G dalam perhelatan Mobile World Congress 2019 di Barcelona, Spanyol.

Nilai saham Xiaomi pun tengah dalam kondisi tak stabil dalam satu tahun terakhir. Saham Xiaomi cenderung terus merosot seiring dengan ketatnya persaingan pasar ponsel pintar di China.

Baca juga: Bos Xiaomi Janji Akan Rilis Ponsel Flagship di Indonesia

Bulan September lalu, Xiaomi juga sempat mengumumkan akan melakukan buyback saham senilai 1,5 miliar dollar AS.

Pada kuartal dua 2019 lalu, Xiaomi memiliki pangsa pasar sebesar 11,8 persen. Angka tersebut turun dari semula 13,9 persen pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com