Sony Pastikan PlayStation 5 Bisa Mainkan Game PS4

Kompas.com - 22/10/2019, 13:01 WIB
Ilustrasi render PS5 berdasarkan paten Sony TheSun.co.ukIlustrasi render PS5 berdasarkan paten Sony

KOMPAS.com - Beberapa pekan lalu, Sony mengumumkan bahwa konsol generasi terbarunya akan hadir dengan nama PlayStation 5 ( PS5).

Nah, konsol penerus PS4 tersebut dipastikan bakal memiliki fitur yang tidak ada pada konsol generasi sebelumnya, yaitu backward compability.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna memainkan aneka game yang didesain khusus untuk konsol generasi sebelumnya, dalam hal ini PS4, pada konsol PS5.

Hal ini juga sempat dikonfirmasi oleh Mark Cerny selaku Lead System Architect untuk konsol tersebut.

Ia mengatakan bahwa mesin PS5 bakal memiliki basis desain arsitektur mesin PS4, namun lebih dikembangkan. Dengan begitu, PS5 bisa memainkan game PS4, lantaran arsitektur mesinnya memang sama.

Baca juga: Game PS4 Kini Bisa Dimainkan di Ponsel Android

Meski demikian, Cerny tak menjelaskan lebih lanjut apakah PS5 bakal bisa memainkan game PS1 hingga PS3 atau tidak. Sebab, Cerny hanya menyebut PS4 saja.

Sebelumnya, PS4 dan bahkan PS4 Pro diketahui tidak memiliki fitur backward compability ini.

Untuk memainkan game PS1 hingga PS3 di PS4, pengguna bisa memanfaatkan layanan PlayStation Now yang memungkinkan mereka memainkan game lawas, melalui layanan "streaming" Sony layaknya menonton video.

Lantas, bagaimana mekanisme backward compability di PS5 ini nantinya bakal berjalan? Pihak Sony sayangnya belum memberikan informasi lebih detail tentang hal itu.

Namun, terkait backward compatibility, sekitar awal tahun ini beredar paten yang menjelaskan secara detail bagaimana konsol generasi terbaru nanti, atau bisa disebut PS5, bakal bisa menjalankan game lawas dengan mulus melalui teknik emulasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Wired
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X