Rudiantara Beri Sinyal Tak Lanjut Jadi Menkominfo

Kompas.com - 22/10/2019, 16:26 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ketika berbicara dalam acara penandatanganan Peraturan Menteri tentang blokir ponsel BM di Jakarta, Jumat (18/10/2019). KOMPAS.com/ GITO YUDHA PRATOMOMenteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ketika berbicara dalam acara penandatanganan Peraturan Menteri tentang blokir ponsel BM di Jakarta, Jumat (18/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara memberi sinyal bahwa dirinya tidak akan masuk ke jajaran menteri di Kabinet Kerja Jilid 2 pemerintahan Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

Rudiantara mengindikasikan bahwa ia akan kembali ke perusahaan swasta. Saat ditemui KompasTekno dalam acara syukuran 5 Tahun Chief Rudiantara di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selasa (22/10/2019), ia mengatakan bahwa dirinya tidak dihubungi oleh Presiden Joko Widodo.

"Tidak (dihubungi)," ungkap Rudiantara singkat.

Ketika ditanya apakah akan kembali ke swasta, ia pun memberi tanda bahwa dirinya memang akan kembali ke perusahaan swasta, namun ia tak memberi kepastian kemana ia akan berlabuh.

"Insya Allah," kata Rudiantara sambil tersenyum.

Baca juga: Ini Pesan Rudiantara untuk Menkominfo Berikutnya

Ia pun melanjutkan, tidak masalah Menkominfo selanjutnya berlatar belakang dari industri ataupun politik, asalkan ia mau menjalankan infrastruktur dan mengembangkan ekosistem ekonomi digital.

"Kalo menurut saya apakah itu berlatar belakang politik ataupun tidak politik, yang penting bisa nge-klik sama Presiden dan membangun infrastruktur tanpa henti. Kemudian mengembangkan ekosistem ekonomi digital dan jangan lupa PR untuk konsolidasi," kata Rudiantara.

"Jadi menteri di era Pak Jokowi itu gampang, asalkan mau eksekusi," tukas pria yang kerap disapa Chief RA itu.

Latar belakang industri

Rudiantara sendiri menjabat sebagai Menkominfo sejak 2014 lalu. Ia adalah salah satu menteri yang tidak di-reshuffle di masa pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla.

Pada 1996, Rudiantara pernah menjabat sebagai COO PT Telekomindo Primabhakti. Pemegang gelar MBA dari IPPM-Indonesia ini kemudian mengisi posisi sebagai direktur di PT XL Axiata Tbk (dulu PT Excelcomindo Pratama Tbk) sejak 2005.

Baca juga: Mengenal Rudiantara, Menkominfo Kabinet Jokowi

Rudiantara sempat berkiprah di luar industri telekomunikasi, dengan memegang dua jabatan sebagai CEO Bukitasam Transpacific Railways dan CEO Transpacific Railways Infrastructure, Wakil Direktur Semen Gresik, kemudian menjabat Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero) pada 2006.

Di PLN, Rudiantara berperan besar dalam mencari pendanaan untuk proyek pembangkit listrik 10.000 megawatt.

Namun Rudiantara kemudian mengundurkan diri dan kembali ke dunia telekomunikasi sebagai Komisaris Independen di PT Telekomunikasi Indonesia pada 2011, kemudian Komisaris Independen di PT Indosat Tbk sejak akhir 2012.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X