Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sosok Menteri Kominfo Baru, Johnny G Plate

Kompas.com - 23/10/2019, 09:17 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Johnny Gerard Plate resmi dilantik menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Kabinet Kerja Jilid 2 untuk masa jabatan periode 2019-2024.

Pria kelahiran Flores, 10 September 1956 ini dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo bersama jajaran menteri lain di Istana Negara, Rabu (23/10/2019).

"Yang berkaitan dengan cybercrime, kedaulatan data, industri TI di domestik menjadi wilayah beliau," ujar Presiden ketika memperkenalkan Johnny sebagai anggota kabinetnya.

Baca juga: Johnny G. Plate Ditunjuk Jadi Menkominfo Kabinet Indonesia Maju

Berbeda dengan Rudiantara yang berasal dari kalangan swasta murni, Johnny Gerard Plate adalah seorang politisi dan pengusaha. Namun, usaha yang pernah ia tukangi sangat jauh dari bidang industri telekomunikasi atau yang berkaitan dengan ranah Kominfo.

Usaha Johnny banyak bergerak di bidang alat-alat perkebunan. Beberapa perusahaan yang pernah dipimpin di antaranya PT Bima Palma Nugraha dan PT. Mandosawo Putratama Sakti.

Tidak hanya itu, seperti dihimpun KompasTekno dari berbagai sumber, lulusan Universitas Atma Jaya ini juga sempat berkecimpung di dunia penerbangan. Ia pernah menjadi bagian dari bisnis Air Asia pada tahun 2007-2015.

Karir politik

Johnny G Plate memulai karir politiknya dengan Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI) hingga tahun 2013. Setahun berikutnya, ia bergabung dengan Partai Nasdem, besutan pengusaha dan mantan politisi Golkar, Surya Paloh.

Baca juga: Ini Pesan Rudiantara untuk Menkominfo Berikutnya

Berkat Nasdem, Johnny melenggang ke Senayan pada Pemilu tahun 2014 dari daerah pilihan (dapil) Nusa Tenggara Timur I.

Ia duduk di Komisi XI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan nasional, perbankan, dan lembaga keuangan bukan bank untuk periode 2014-2019.

Di DPR RI, Johnny G Plate pernah menjabat sebagai Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) XI, anggota Badan Angggaran, dan dan anggota Badan Musyawarah DPR RI.

Baca juga: Tiga Tahun Menkominfo Rudiantara, Seperti Apa Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia?

Karir Johnny bersama Nasdem terbilang moncer. Tahun 2017, Johnny ditunjuk sebagai Sekjen Nasdem hingga tahun 2019.

Kini, Johnny mengemban amanah baru sebagai Menkominfo. Sederet pekerjaan rumah menanti, seperti konsolidasi operator, implementasi IMEI, dan undang-undang perlindungan data pribadi.

Sebelum dilantik, Johnny juga mengatakan bahwa presiden menugasinya untuk mengembangkan bisnis startup dan digitalisasi data.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com