Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Uji Coba Fitur Rekomendasi "Unfollow"

Kompas.com - 23/10/2019, 12:46 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Pernah spontan mengikuti akun di Instagram, tapi kemudian jarang berinteraksi atau melihat posting dari akun tersebut?

Instagram kabarnya tengah menguji coba fitur baru untuk mempermudah pengguna menyisir daftar following sehingga bisa menemukan akun-akun macam itu.

Tujuannya tak lain memberikan rekomendasi tentang siapa saja yang bisa berhenti diikuti alias unfollow sehingga daftarnya bisa lebih ringkas.

Baca juga: Cara Share WhatsApp Status ke Facebook dan Instagram Story

Keberadaan fitur ini ditemukan pertama kali oleh programmer Jane Manchun Wong yang dikenal sering mengoprek aplikasi, termasuk Instagram. Jane kerap menjumpai fitur-fitur baru yang belum dirilis dalam baris kode software.

Melalui akun Twitternya, Jane mengunggah sejumlah tangkapan layar (screenshot) yang menampilkan cara kerja fitur tersebut.

Ilustrasi fitur kategori daftar Following terbaru di InstagramUbergizmo Ilustrasi fitur kategori daftar Following terbaru di Instagram

Dilihat dari twit Jane, nantinya pengguna bakal disodorkan dengan dua kategori baru di dalam menu Following, sebuah halaman yang menampilkan daftar followers setelah pengguna mengetuk angka "Following" di profil mereka.

Kategori tersebut mencakup "Least Interacted With" dan "Most Shown in Feed".

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Group Story

Kategori "Least Interacted With" memungkinkan pengguna melihat sejumlah akun Instagram yang jarang mengunggah konten atau yang jarang tampil di feed Instagram mereka.

Kemudian kategori "Most Shown in Feed", seperti namanya, bakal menampilkan sejumlah akun yang diikuti oleh pengguna yang sering tampil di linimasa Instagram mereka.

Fitur ini sendiri, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Ubergizmo, Rabu (23/10/2019), bakal memisahkan daftar akun yang pengguna ikuti ke dua kategori tadi berdasarkan aktivitas di feed pengguna dalam 90 hari terakhir.

Meski demikian, belum ada informasi kapan fitur ini akan benar-benar diimplementasikan oleh Instagram. Kehadirannya sekarang baru sebatas uji coba saja.

Baca juga: Instagram Hapus Fitur yang Biasa Dipakai Stalking

Terkait fitur "Following", beberapa pekan lalu Instagram diam-diam menghilangkan fitur "Following tab" di laman "Activity".

Fitur tersebut biasa digunakan untuk "stalking" atau melihat-lihat apa saja yang disukai, dikomentari, atau diikuti "following" (akun yang diikuti) dalam beberapa jam terakhir.

Following tab bisa ditemukan dengan mengetuk tab notifikasi atau ikon hati, lalu menggeser layar ke kanan. Kini setelah Instagram menghapusnya, tinggal notifikasi pemilik akun saja yang tersisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com