Instagram Uji Coba Fitur Rekomendasi "Unfollow"

Kompas.com - 23/10/2019, 12:46 WIB
Ilustrasi logo Instagram pada ponsel yang terletak di atas laptop EngadgetIlustrasi logo Instagram pada ponsel yang terletak di atas laptop
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pernah spontan mengikuti akun di Instagram, tapi kemudian jarang berinteraksi atau melihat posting dari akun tersebut?

Instagram kabarnya tengah menguji coba fitur baru untuk mempermudah pengguna menyisir daftar following sehingga bisa menemukan akun-akun macam itu.

Tujuannya tak lain memberikan rekomendasi tentang siapa saja yang bisa berhenti diikuti alias unfollow sehingga daftarnya bisa lebih ringkas.

Baca juga: Cara Share WhatsApp Status ke Facebook dan Instagram Story

Keberadaan fitur ini ditemukan pertama kali oleh programmer Jane Manchun Wong yang dikenal sering mengoprek aplikasi, termasuk Instagram. Jane kerap menjumpai fitur-fitur baru yang belum dirilis dalam baris kode software.

Melalui akun Twitternya, Jane mengunggah sejumlah tangkapan layar (screenshot) yang menampilkan cara kerja fitur tersebut.

Ilustrasi fitur kategori daftar Following terbaru di InstagramUbergizmo Ilustrasi fitur kategori daftar Following terbaru di Instagram

Dilihat dari twit Jane, nantinya pengguna bakal disodorkan dengan dua kategori baru di dalam menu Following, sebuah halaman yang menampilkan daftar followers setelah pengguna mengetuk angka "Following" di profil mereka.

Kategori tersebut mencakup "Least Interacted With" dan "Most Shown in Feed".

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Group Story

Kategori "Least Interacted With" memungkinkan pengguna melihat sejumlah akun Instagram yang jarang mengunggah konten atau yang jarang tampil di feed Instagram mereka.

Kemudian kategori "Most Shown in Feed", seperti namanya, bakal menampilkan sejumlah akun yang diikuti oleh pengguna yang sering tampil di linimasa Instagram mereka.

Fitur ini sendiri, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Ubergizmo, Rabu (23/10/2019), bakal memisahkan daftar akun yang pengguna ikuti ke dua kategori tadi berdasarkan aktivitas di feed pengguna dalam 90 hari terakhir.

Meski demikian, belum ada informasi kapan fitur ini akan benar-benar diimplementasikan oleh Instagram. Kehadirannya sekarang baru sebatas uji coba saja.

Baca juga: Instagram Hapus Fitur yang Biasa Dipakai Stalking

Terkait fitur "Following", beberapa pekan lalu Instagram diam-diam menghilangkan fitur "Following tab" di laman "Activity".

Fitur tersebut biasa digunakan untuk "stalking" atau melihat-lihat apa saja yang disukai, dikomentari, atau diikuti "following" (akun yang diikuti) dalam beberapa jam terakhir.

Following tab bisa ditemukan dengan mengetuk tab notifikasi atau ikon hati, lalu menggeser layar ke kanan. Kini setelah Instagram menghapusnya, tinggal notifikasi pemilik akun saja yang tersisa.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Ubergizmo
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X