Sertijab Menkominfo, Rudiantara Serahkan PR untuk Johnny Plate

Kompas.com - 23/10/2019, 13:22 WIB
Rudiantara (kiri) dan Menkominfo baru, Johnny G Plate (kanan) di acara serah terima jabatan Menkominfo di Jakarta, Rabu (23/10/2019). KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoRudiantara (kiri) dan Menkominfo baru, Johnny G Plate (kanan) di acara serah terima jabatan Menkominfo di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Rudiantara resmi melepas jabatannya sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo). Posisi Menkominfo kini resmi dijabat oleh Johnny G. Plate, menyusul acara serah terima jabatan (Sertijab).

Di acara yang dilaksanakan di Ruangan Anantakupa, Gedung B Kementerian Kominfo itu, Rudiantara mengatakan bahwa Kementerian Kominfo memiliki banyak pekerjaan rumah (PR).

Rudiantara mengatakan PR yang paling penting saat ini adaah soal Undang-undang Perlindungan Data Pribadi.

"Sektor kita punya tantangan. Perlindungan data pribadi. Kominfo sufah siapkan rancangan dan sudah tanda tangan, tapi harus harmonisasi dengan undang undang lain," kata Rudiantara.

Baca juga: Pembahasan RUU KKS dan Perlindungan Data Pribadi Diharapkan Beriringan

"Revisinya sudah saya tanda tangan lagi, dan dibawa di setneg. Mudah mudahan beliau, yang biasa di Senayan (DPR/MPR). Bisa memuluskan penyelesaian UU PDP," lanjutnya.

Rudiantara juga menekankan bahwa Kementerian Kominfo bisa menjadi fasilitator, bukan hanya sebagai regulator.

Latar belakang politisi dan pengusaha

Johnny Gerard Plate sendiri adalah seorang politisi dan pengusaha. Usaha yang pernah ia tukangi sangat jauh dari bidang industri telko atau yang berkaitan dengan ranah Kominfo.

Baca juga: Menkominfo Baru Disambut Reaksi Beragam dari Warganet Indonesia

Usaha Johnny banyak bergerak di bidang alat-alat perkebunan. Beberapa perusahaan yang pernah dipimpin di antaranya PT Bima Palma Nugraha dan PT. Mandosawo Putratama Sakti.

Tidak hanya itu, lulusan Universitas Atma Jaya ini juga sempat berkecimpung di dunia penerbangan. Ia pernah menjadi bagian dari bisnis Air Asia pada tahun 2007-2015.

Johnny G Plate memulai karir politiknya dengan Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI) hingga tahun 2013. Setahun berikutnya, ia bergabung dengan Partai Nasdem, besutan pengusaha dan mantan politisi Golkar, Surya Paloh.

Baca juga: Konsolidasi Operator Seluler Jadi PR Menkominfo Berikutnya

Karir Johnny bersama Nasdem terbilang moncer. Tahun 2017, Johnny ditunjuk sebagai Sekjen Nasdem hingga tahun 2019.

Kini, Johnny mengemban amanah baru sebagai Menkominfo. Rudiantara, juga telah menitipkan sejumlah program yang belum bisa ia realisasikan selama periode ia menjabat.

Seperti di antaranya peningkatan infrastruktur, konsolidasi operator, hingga undang-undang perlindungan data pribadi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X