Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Johnny Plate Ingin Jadikan Kemenkominfo "Corong" Pemerintah

Kompas.com - 23/10/2019, 15:46 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Johnny G Plate baru saja dilantik sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika untuk periode 2019-2024. Ia mengatakan, kementeriannya harus memiliki dua peran.

"Pertama adalah fungsi komunikasi, dulu dibilang Kementerian Penerangan," jelasnya.

Artinya, Kementerian Kominfo (Kemenkominfo) harus menjadi "corong" pemerintah untuk mensosialisasikan program dan kebijakan pemerintah. Selain itu, menurutnya rakyat juga perlu tahu apa saja pencapaian negara.

"Agar rakyat mengetahui ke mana arah gerak pemerintah, kemana arah kebijakan pemerintah agar mereka bisa ambil bagian langsung di dalamnya," jelas Johnny dalam acara serah terima jabatan di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Baca juga: Mengenal Sosok Menteri Kominfo Baru, Johnny G Plate

Kedua, politisi Partai Nasdem itu mengatakan Kemenkominfo memiliki peran dalam mengembangkan platform digital yang sudah terbangun. Infrastruktur yang sudah ada ini, menurutnya harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Ada titik-titik blankspot yang harus kita tindak lanjuti. Ini harus kita lakukan, jangan sampai infrastruktur besar yang sudah kita bangun, tidak bisa digunakan rakyat," lanjutnya.

Johnny juga menyinggung tentang legislasi, termasuk perlindungan data pribadi yang harus dipercepat pengesahaannya.

Baca juga: Menkominfo Johnny Plate Ingin Bikin Gol RUU PDP

Dalam sambutan perdananya sebaga Kominfo, Johnny mengakui bahwa latar belakangnya bukanlah di bidang informatika yang akan ia tangani selama lima tahun ke depan.

"Saya sendiri sebetunya ingin mencari tahu apa itu, namun saya meyakini bahwa kementerian ini di periode ini, bukan periode awal, tapi periode lanjutan," ujarnya.

Johnny pun mengatakan bahwa ia akan melanjutkan program yang sudah dibangung oleh menteri sebelumnya, Rudiantara. Hanya saja, di bawah kepemimpinannya nanti, ia akan menekankan ihwal akselerasi dan penyesuaian program yang akan dilanjutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com