Kompas.com - 23/10/2019, 17:06 WIB
Rudiantara (kiri) dan Menkominfo baru, Johnny G Plate (kanan) di acara serah terima jabatan Menkominfo di Jakarta, Rabu (23/10/2019). KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoRudiantara (kiri) dan Menkominfo baru, Johnny G Plate (kanan) di acara serah terima jabatan Menkominfo di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Rudiantara resmi menyerahkan jabatannya sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) kepada Johnny Gerard Plate.

Kepada Menkominfo baru, Rudiantara berharap Kementrian Kominfo (Kemenkominfo) tidak hanya sekadar menjadi lembaga regulator.

Ia berpesan kepada Johnny agar Kemenkominfo di bawah kendalinya ke depan lebih menjadi lembaga fasilitator. Hal ini penting untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital.

Baca juga: Mengenal Sosok Menteri Kominfo Baru, Johnny G Plate

"Lebih enak fasilitator, kalau ngurusi regulasi pusing," kata pria yang kerap disapa Chief RA itu dalam sambutannya di acara serah terima jabatan Menkominfo di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Fasiltas itu khususnya untuk memudahkan para operator dan anak muda. Rudiantara juga menitipkan agar politisi Partai Nasdem itu tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur yang sudah gencar dibangun di masanya.

"Palapa ring beres tapi masih perlu akses. Satelit ada di 2020 tapi butuh satelit kedua dan ketiga," jelasnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Setelah Palapa Ring, Kominfo Kejar Pembangunan 4.000 BTS

Tidak hanya jabatan, Rudiantara  juga "mewariskan" pekerjaan rumah berupa program yang belum terselesaikan di masanya untuk dituntaskan Johnny.

Ini termasuk pengesahan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi dan konsolidasi operator seluler. Johnny pun dalam sambutannya mengatakan akan melanjutkan program-program yang sudah dijalankan Rudiantara.

Baca juga: Konsolidasi Operator Seluler Jadi PR Menkominfo Berikutnya

"Ada beberapa, salah satunya legislasi undang-undang harus diselesaikan. Ada beberapa juga yang barangkali membutuhkan pengambilan keputusan cepat, saya akan mengambil keputusan tepat," kata Johnny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.