Pengguna Samsung Galaxy S10 dan Note 10 Diminta Update

Kompas.com - 24/10/2019, 16:03 WIB
Ilustrasi Ultrasonic Fingerprint Sensor ZDNetIlustrasi Ultrasonic Fingerprint Sensor

KOMPAS.com - Setelah dijanjikan, Samsung akhirnya menambal bug atau celah keamanan sidik jari ( fingerprint) pada ponsel Galaxy S10 dan Note 10.

Berdasarkan informasi dari Reuters, pihak Samsung menambal bug tersebut melalui update keamanan yang disebarkan kepada pengguna pada Rabu (23/10/2019), pekan ini.

Pihak Samsung pun menyarankan pemilik ponsel yang terdampak, seperti Galaxy S10 misalnya, untuk memperbarui software ponsel mereka ke versi teranyar.

Meski begitu, tidak disebutkan wilayah mana saja yang mendapatkan pembaruan ini.

Namun, Samsung mengonfirmasi bahwa pengguna Galaxy S10 dan Note 10 bakal mendapatkan notifikasi di ponselnya jika pembaruan ini sudah tersedia, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Kamis (24/10/2019).

Baca juga: Galaxy S10 Bisa Dibuka dengan Sidik Jari Asing, Ini Penjelasan Samsung

Sebelumnya, pengguna Galaxy S10 asal Inggris menemukan bug atau celah keamanan yang bisa dibilang mengkhawatirkan.

Celah keamanan ini memungkinkan pengguna lain membobol ponsel tersebut lewat fitur pemindai sidik jari ultrasonic yang tertanam di dalam layar.

Hal ini disebabkan oleh pelindung layar (screen protector) yang tidak cocok (non-resmi) dan notabene tidak didesain khusus untuk ponsel dengan teknologi ultrasonic fingerprint besutan Samsung ini.

Baca juga: Pelindung Layar Bikin Fingerprint Scanner Galaxy S10 Rawan Dibobol

Dengan adanya celah tersebut, jika pengguna Galaxy S10 menggunakan screen protector abal-abal, maka mereka yang bukan pemilik ponsel bisa dengan mudah membajak perangkat tersebut.

Bahkan gara-gara bug ini, sejumlah bank, seperti Bank of China, dan platform pembayaran Alipay tidak bisa digunakan di ponsel Samsung yang terdampak untuk sementara waktu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X