Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Huawei Mate X 5G Dirilis di China, Harga Rp 33 Juta

Kompas.com - 24/10/2019, 19:04 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel lipat Huawei Mate X 5G sudah diperkenalkan bulan Februari lalu. Kala itu Huawei sesumbar akan merilisnya secara resmi pada pertengahan tahun 2019.

Namun, vendor china itu ternyata baru benar-benar merilisnya ke pasaran setelah 10 bulan diperkenalkan, yakni pada pekan ini di China.

Huawei Mate X 5G hanya akan tersedia dalam satu varian di Negeri Tirai Bambu, dengan konfigurasi RAM 8 GB dan memori internal 512 GB. Harganya dipatok sebesar 16.999 yuan (sekitar Rp 33,6 juta) dan mulai bisa dibeli di China pada 15 November.

Baca juga: Samsung Galaxy Fold Sudah Bisa Dibeli

Jika dibandingkan, harga Huawei Mate X lebih mahal ketimbang ponsel lipat milik Samsung, Galaxy Fold yang dibanderol termurah Rp 27,7 juta.

Dalam keadaan terlipat, latar Huawei Mate X berukuran 6,6 inci di sisi depan dengan rasio aspek 19,5:9 dan resolusi 2.480 x 1.148 piksel. Sementara di sisi belakang, ukurannya 6,38 inci dengan resolusi 2.480 x 892 piksel dengan rasio aspek 15:9.

Ketika  dibentangkan, ponsel pun akan berubah menjadi serupa tablet dengan luas layar 8 inci berasio aspek 8:7:1 dan resolusi 2.480 x 2.200 piksel.

Huawei mengklaim menggunakan polymide berlapis ganda di layar ponsel Mate X untuk meningkatkan kekuatan layar hingga 40 persen.

Baca juga: Membandingkan Ponsel Lipat Galaxy Fold dan Huawei Mate X

Agak berbeda dengan Galaxy Fold, engsel Huawei Mate X tidak memiliki celah karena dilipat ke arah luar, bukan ke dalam.

Ponsel ini dilengkapi empat kamera belakang yang terdiri dari kamera wide 40 megapiksel, kamera telephoto 8 megapiksel, kamera ultra wide 16 megapiksel, dan sensor 3D (ToF).

Untuk menjaga kestabilan perekaman, kamera belakang turut dibekali OIS dan AIS. Daput pacunya mengandalkan chip Kirin 980.

Baterai Huawei Mate X berkapasitas 4.500 mAh dengan dukungan pengisi daya cepat SuperCharge 55W yang disebut bisa mengisi daya hingga 85 persen dalam waktu 30 menit.

Untuk software yang digunakan, Huawei tidak menyebut secara spesifik. Mereka hanya mengatakan menggunakan software khusus ponsel lipat untuk mendukung multitasking dua layar.

Baca juga: Aplikasi-aplikasi Google Dilaporkan Bakal Absen dari Huawei Mate X

Huawei Mate X hanya tersedia dalam versi 5G saat ini. Dalam penjualan perdananya, Huawei hanya akan menyetok unit dalam jumlah terbatas.

Mereka juga menawarkan diskon 50 persen untuk perbaikan dan ganti layar. Dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Kamis (24/10/2019), Huawei mengatakan sedang menyiapkan penerus Mate X yang bernama Mate Xs.

Huawei Mate Xs rencananya akan dirilis bulan Maret 2020 dengan chip yang lebih baru dan mumpuni, yakni Kirin 990 5G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com