Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2019, 09:55 WIB

KOMPAS.com - Ponsel lipat Huawei Mate X sudah diperkenalkan Februari lalu, tepatnya di rangkaian acara Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol.

Rencana awal, ponsel lipat pertama Huawei itu dirilis pada bulan Juni, tapi ternyata penjualannya molor berbulan-bulan dan baru siap dilempar ke pasaran pada akhir Oktober di China.

Baca juga: Ponsel Lipat Huawei Mate X 5G Dirilis di China, Harga Rp 33 Juta

Huawei punya alasan sendiri soal penundaah tersebut. Pertama, Huawei berdalih ingin memberikan Mate X yang lebih awet dan lebih tahan banting kepada konsumenya. Hal ini tidak hanya menguntungkan pelanggan, tapi juga meminimalisir kritik terhadap Huawei.

Untuk menambah kepercayaan konsumen, Huawei bahkan menawarkan diskon hingga 50 persen untuk perbaikan dan penggantian layar. Mungkin, Huawei belajar dari problem yang dialami oleh kompetitornya, ponsel lipat Galaxy Fold milik Samsung.

Galaxy Fold juga sempat tertunda perilisannya karena beberapa pengulas gadget mengeluhkan masalah pada layar. Bahkan diakui CEO Samsung, Galaxy Fold memang dipaksakan terlalu cepat meluncur.

Baca juga: Samsung Mengaku Memaksakan Peluncuran Galaxy Fold

Alasan kedua, Huawei mengklaim ingin memberikan kompatibilitas yang mulus antara hardware dan software Mate X, sebagaimana KompasTekno himpun dari Gizmo China, Kamis (24/10/2019).

Huawei Mate X diotaki chipset Kirin 980 dan menjalankan software khusus untuk ponsel lipat. Sayangnya, Huawei enggan menyebut detail software yang digunakan.

Untuk saat ini, Huawei Mate X hanya tersedia untuk jaringan 5G. Ia juga hanya memiliki satu varian yakni RAM 8 GB dan internal 512 GB. Huawei Mate X akan mulai dijual pada 15 November mendatang di China dengan harga 16.999 yuan atau sekitar Rp 33,6 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.