Indonesia Juara Umum Lomba ASEAN ICT Award 2019

Kompas.com - 25/10/2019, 12:11 WIB
Tim AICTA Indonesia yang berhasil membawa pulang 2 medali emas dan 1 perunggu dalam ajang tahunan AICTA 2019 di Vietnam. KominfoTim AICTA Indonesia yang berhasil membawa pulang 2 medali emas dan 1 perunggu dalam ajang tahunan AICTA 2019 di Vietnam.

KOMPAS.com - Kontingen Indonesia berhasil menjadi juara umum di kompetisi ASEAN ICT Award (AICTA) 2019 di Vientiane, Laos. Tim Indonesia meraih 2 emas dan satu perunggu dalam penilaian akhir ajang tersebut yang digelar pekan ini.

Adapun kategori yang dimenangkan adalah Research and Development, Corporate Social Responsible dan Private Sector.

Emas pertama Indonesia didapatkan dari Private Sector yang diraih oleh tim RiTx Bertani. Mereka mengalahkan tim Spark FX dan V3 Vertical Positioning Technology dari Singapura.

Baca juga: Mengenal Sosok Menteri Kominfo Baru, Johnny G Plate

Kemudian emas kedua didapatkan dari kategori Research and Development tim ATM Sehat yang mengalahkan tim Maker Playground dari Thailand dan REUNITE dari Malaysia.

Sementara medali perunggu disabet oleh tim Darah Kita di kategori Corporate Social Responsible. Sebelumnya mereka berhadapan dengan Aor Sor Mor Online Platform dari Thailand dan Viettel Study Elearning Social Network dari Vietnam.

"Melalui pencapaian tersebut, Indonesia juga menjadi juara umum dalam ajang apresiasi bagi karya dan produk ICT dari level ASEAN," tulis Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno, Jumat (25/10/019).

Ferdinandus menambahkan, pencapaian kontingen Indonesia pada AICTA 2019 merupakan yang terbaik dalam delapan tahun keikutsertaannya.

Baca juga: Menkominfo: Anggaran ICT Indonesia Harus Ditambah Rp 100 Triliun

Berkat ketiga tim pemenang, Indonesia menjadi negara dengan perolehan emas terbanyak. Negara lain seperti Singapura, Laos, Vietnam, dan Thailand masing-masing mengumpulkan satu emas.

Tim-tim yang ikut serta di AICTA telah diseleksi oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika sejak bulan April 2019. Ada 18 finalis dari Indonesia yang telah disaring melalui kurasi ketat dalam ajang seleksi Nasional karya dan produk TIK (Indonesian entrepreneur TIK/idenTIK).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X