Pembuat "Fortnite" Siapkan Toko Game Android Pesaing Play Store

Kompas.com - 25/10/2019, 17:34 WIB
Ilustrasi Poster Fortnite Chapter 2. Youtube/FortniteIlustrasi Poster Fortnite Chapter 2.

KOMPAS.com - Pembuat Fortnite, Epic Games, berencana untuk meluncurkan toko aplikasi game Android untuk menyaingi platform Google Play Store. 

Kabar ini terendus dari langkah Epic Games yang baru-baru ini mengganti nama "Fortnite Installer", aplikasi yang berfungsi untuk mengunduh game Fortnite di Android, menjadi "Epic Games".

Perubahan nama ini sendiri disampaikan oleh pihak Epic Games melalui jejaring sosial Twitter.

"Aplikasi Fortnite Installer di Android sekarang bernama Epic Games!," kata akun @FortniteGames.

Baca juga: Fortnite Sudah Bisa Dimainkan Lagi, Ada Peta Baru dan Bisa Memancing

"Gunakan aplikasi tersebut untuk mengunduh Fortnite di Android dan rasakan apa saja yang baru di #FortniteChapter2," imbuh mereka.

Jika dilihat dari twit tersebut, pihak Epic Games sebenarnya tidak menyebutkan secara gamblang apakah mereka bakal menjadikan Epic Games menjadi platform pesaing Play Store atau tidak. 

Saat ini, aplikasi Epic Games sendiri hanya menyediakan satu game saja yang bisa diunduh oleh pengguna ponsel Android, yakni Fortnite.

Pihak Epic Games disinyalir bakal memberikan informasi lebih lanjut terkait platform tersebut di ajang The Game Awards yang bakal digelar di Los Angeles, AS pada 6 Desember mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDADevelopers, Jumat (25/10/2019).

Fortnite sendiri, seperti diketahui tidak bisa diunduh dari Play Store dan hanya bisa diunduh melalui installer yang kini bernama Epic Games yang telah disebutkan tadi. 

Baca juga: Menjajal Game PUBG Mobile dan Call of Duty di Galaxy Note 10 Plus

Epic Games memutuskan untuk tidak mendistribusikan Fortnite versi Android ke Google lantaran platform tersebut dinilai tidak adil kepada para pengembang game. 

Google Play Store sendiri mengambil pendapatan game secara keseluruhan sekitar 30 persen, sementara 70 persennya mengalir ke para pengembang. 

Sementara di platform Epic Games (di PC), pengembang bakal meraup 88 persen dari total pendapatan game secara keseluruhan, di mana 12 persen sisanya untuk Epic Games.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X