Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Smartphone yang Dapat Update Android 10 sebelum Ganti Tahun

Kompas.com - 27/10/2019, 15:04 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

 

KOMPAS.com - Google telah menggelontorkan sistem operasi (OS) terbaru Android 10 sejak awal September kemarin.

Kini, raksasa teknologi asal Mountain View, AS, ini mengonfirmasi bahwa sudah ada sejumlah vendor yang mulai gencar untuk mengadopsi OS teranyar itu.

Sejumlah vendor tersebut mencakup Xiaomi, Essential, Nokia, OnePlus, Asus, LG, Motorola, Oppo, Realme, Samsung, Sharp, Sony, Transsion, dan Vivo.

Google juga mengklaim bahwa beragam vendor-vendor smartphone di atas untuk memberbarui beberapa OS smartphone buatan mereka, ke Android 10 setidaknya hingga akhir 2019 ini.

Baca juga: Smartphone Baru Keluaran 2020 Wajib Pakai Android 10

Meski demikian, terlepas dari merek, Google tidak menyebutkan secara spesifik model ponsel apa saja yang bakal kebagian update Android 10. Biasanya, keputusan itu tergantung dari masing-masing vendor.

Namun, Google sendiri memprediksi bahwa proses pembaruan Android Pie ke Android 10 oleh para vendor tersebut nantinya bakal berjalan lebih cepat ketimbang proses pengadopsian Android Oreo ke Pie.

Pihak Google mencontohkan proses pengadopsian OS yang telah dilakukan oleh Samsung. Vendor asal Korea Selatan itu telah menggelontorkan pembaruan Android 10 (versi open beta) ke sejumlah perangkatnya sejak 12 Oktober lalu.

Padahal, pembaruan Android Pie sendiri, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Minggu (27/10/2019), digelontorkan pertama kali oleh Samsung pada 15 November silam.

Baca juga: Google Resmikan Android 10 Go Edition, OS Ringan untuk Ponsel Murah

Sementara beberapa vendor, seperti Nokia, Essential, Xiaomi, hingga OnePlus, sudah membekali beberapa ponsel teranyar mereka dengan Android 10. Nokia 8.1 dan OnePlus 7T, misalnya, sudah menjalankan Android 10.

Lantas, akankah beragam vendor yang telah disebutkan di atas tadi bakal meluncurkan upgrade Android 10 dengan mulus sebelum 2020 datang? Kita tunggu saja. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com