Hari Sumpah Pemuda, Warganet Kicaukan #SumpahPemuda2019 di Twitter

Kompas.com - 28/10/2019, 07:22 WIB
Ilustrasi Aplikasi Twitter di ponsel di depan logo Twitter BloombergIlustrasi Aplikasi Twitter di ponsel di depan logo Twitter

KOMPAS.com - Warganet Twitter berbondong-bondong melontarkan tweet untuk merayakan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya.

Walhasil, tanda pagar (tagar) #SumpahPemuda2019 menempati peringkat pertama trending Twitter di Indonesia, Senin (28/10/2019) pagi.

Pantauan KompasTekno, sudah ada sekitar 5.000 twit yang dilontarkan oleh para warganet demi merayakan momen bersejarah ini. Jumlah twit ini terus bertambah setiap detiknya. 

Nah, lantas apa isi dari ribuan twit tersebut? Sebagian besar warganet menulis inti dari naskah Sumpah Pemuda yang dahulu sempat dikumandangkan pada 28 Oktober 1928.

Baca juga: Ini Dia Akun Twitter Menkominfo Johnny Plate

Beberapa akun resmi lembaga negara juga turut merayakan hari Sumpah Pemuda dengan mengunggah twit berikut lampiran gambar. 

Ada pula warganet yang merayakan hari Sumpah Pemuda dengan menaruh harapan ke pundak para pemuda Indonesia dan generasi milenial demi memajukan bangsa dan Tanah Air.  

Nah, bukan Twitter namanya kalau tidak ada tweet jenaka.

Sebab, tak sedikit pula warganet yang berniat untuk mengurungkan niat bermalas-malasannya, atau biasa mereka sebut "rebahan", dan bangkit untuk merayakan semangat Sumpah Pemuda. 

Sejarah Sumpah Pemuda

Seperti diketahui, Hari Sumpah Pemuda jatuh pada 28 Oktober setiap tahunnya. Momen ini dirayakan untuk memperingati semangat persatuan pemuda-pemudi Indonesia, yang pada 27-28 Oktober 1928 menggelar Kongres Pemuda II.

Istilah "Sumpah Pemuda" sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya.

Adapun hasil dari Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928 itu adalah:

Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X