Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan untuk Milenial dari Menteri Nadiem Makarim di Hari Sumpah Pemuda

Kompas.com - 28/10/2019, 13:15 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Makarim, menyampaikan pesan kepada generasi milenial Indonesia. 

Pesan tersebut disampaikan oleh Menteri Nadiem di momen Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di Kantor Kemendikbud di daerah Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019) pagi.

"Saya berdiri di sini mewakili generasi milenial ke bawah. Kehadiran saya di sini membuka berbagai macam kesempatan untuk generasi berikutnya. Kawan-kawan pemuda, gerbang kita telah terbuka," kata Nadiem. 

Baca juga: Nadiem Makarim Jadi Menteri Termuda di Kabinet Indonesia Maju

Sebagai pria kelahiran 4 Juli 1984, Menteri Nadiem yang berusia 35 tahun memang masih termasuk dalam rentang umur generasi milenial. Dia sekaligus merupakan menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju. 

Dalam pesannya, Nadiem mengatakan bahwa bahwa pemuda Indonesia harus berani mengambil keputusan, seperti ia mengambil mandat dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menjabat sebagai Mendikbud Kabinet Indonesia Maju.

Apapun risiko yang dihadapi, menurut Nadiem, dia akan terus maju. Nadiem pun menyarankan para pemuda Tanah Air untuk melakukan hal yang sama.

Baca juga: Jadi Mendikbud, Berapa Gaji Nadiem Makarim?

Tersandung dan jatuh-bangun itu hal biasa. Tapi, lanjut dia, jika melangkah bersama, niscaya tujuan bisa tercapai.

"Kawan-kawan pemuda, jangan menunggu dunia berubah. Dunia ini ada di tanganmu. Asal kita berani melangkah, kita tak akan pernah kalah. Salam Pemuda!," pungkasnya dengan nada bersemangat.

Video selengkapnya dari rangkaian upacara Sumpah Pemuda 2019 di Kemendikbud, berikut pidato Mendikbud Nadiem Makarim, dapat disimak di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com