Bocoran Spesifikasi Snapdragon 735, Chip Baru untuk Ponsel Menengah

Kompas.com - 28/10/2019, 18:45 WIB
Ilustrasi chipset Snapdragon GSMArenaIlustrasi chipset Snapdragon
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pada April lalu, Qualcomm telah memperkenalkan dua System-on- Chip ( SoC) seri 700, yaitu Snapdragon 730 dan 730G, yang didesain untuk smartphone kelas menengah ke atas.

Masih di tahaun yang sama, pabrikan chip ini diduga bakal memperkenalkan SoC penerus Snapdragon 730, yaitu Snapdragon 735.

Meski belum ada keterangan resminya, bocoran terkait kemampuan atau spesifikasi SoC tersebut belakangan sudah mulai menyeruak di Twitter.

Baca juga: Ada Celah Berbahaya di Snapdragon, Pemilik 34 Ponsel Ini Wajib Update

Berdasarkan informasi yang beredar, SoC Snapdragon 735 bakal mengusung konfigurasi prosesor (CPU) delapan inti (octa-core) yang terbagi dalam tiga cluster.

Ketiga cluster tersebut terdiri dari satu CPU Cortex-A76 dengan kecepatan 2,36 GHz, satu CPU Cortex-A76 pula berkecepatan 2,32 GHz, dan enam CPU Cortex-A55 dengan kecepatan 1,73 GHz.

SoC yang memiliki kode SM7250 itu diduga juga bakal dibekali dengan pengolah grafis (GPU) Adreno 620 dan bakal dimanufaktur dengan teknologi fabrikasi 7nm.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, SoC Snapdragon agaknya 735 memang terlihat lebih cepat dibandingkan Snapdragon 730.

SoC Snapdragon 730 sendiri memiliki konfigurasi dua CPU Kryo 470 Gold dengan kecepatan clock 2.2 GHz, sementara enam CPU lainnya berjenis Kryo Silver dengan kecepatan 1,8 GHz.

CPU ini dipadankan dengan GPU Adreno 618 dan difabrikasi dengan teknologi fabrikasi 8nm.

Informasi terkait SoC Snapdragon 735 ini belum tentu sepenuhnya benar. Sebab, pihak Qualcomm sendiri masih belum memberikan konfirmasi.

Baca juga: Inikah Smartphone Pertama dengan Snapdragon 865?

Ada spekulasi bahwa SoC Snapdragon 735 ini bakal dikenalkan pada Desember mendatang di ajang tahunan Qualcomm yang biasanya digelar di Hawaii, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Sabtu (26/10/2019).

Artinya, ada kemungkinan Snapdragon 735 akan muncul berbarengan dengan calon chip kelas atas dari Qualcomm, Snapdragon 865.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GSM Arena
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X