Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bakal Caplok Fitbit?

Kompas.com - 30/10/2019, 09:43 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Perusahaan induk Google, Alphabet berencana untuk mencaplok produsen wearable asal AS, Fitbit. Menurut sumber industri yang tidak disebutkan namanya, Google bahkan telah melayangkan penawaran resmi terhadap Fitbit.

Namun, sumber tersebut tidak membeberkan berapa nilai penawaran Google terhadap Fitbit. Ia juga tak bisa memastikan sudah sampai tahap mana penawaran ini.

Setidaknya, akibat berita ini menyeruak, saham Fitbit meroket hingga 30 persen.

Meski demikian, belum diketahui pasti apakah kabar akuisisi Google terhadap Fitbit ini sepenuhnya benar atau tidak. Sebab, baik Google dan Fitbit belum memberikan keterangan resmi terkait informasi tersebut.

Baca juga: Gelang Pintar Fitbit Charge 3 Resmi Dijual di Indonesia, Harganya?

Namun, jika benar adanya, maka akuisisi Fitbit ini agaknya bakal membantu Google untuk membuat perangkat wearable mereka sendiri.

Sebab, seperti diketahui Google hanya memiliki produk ponsel Pixel. Mereka tidak punya produk smartwatch seperti Samsung, Huawei, atau Xiaomi. 

Di bidang wearable, Google justru hanya menyediakan sistem operasi (OS) arloji pintar bernama WearOS yang dilisensikan ke para vendor smartwatch, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters, Rabu (30/10/2019).

Baca juga: Menjajal Smartwatch Fitbit Versa Pesaing Apple Watch

Terkait akuisisi produsen arloji pintar, sebelumnya Google sempat mengumumkan pihaknya telah mengakuisisi teknologi smartwatch milik perusahaan fesyen Fossil senilai 40 juta dollar AS (sekitar Rp 567 miliar).

Perusahaan search engine itu bahkan memboyong tim divisi riset dan pengembangan Fossil yang bertanggung jawab untuk membuat teknologi jam pintar perusahaan.

Namun, belum diketahui apa rencana Google ke depan terkait akuisisi teknologi dari Fossil ini. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com